Tips Membeli HP Bekas Tanpa Ragu di Situs Online

Tidak ada salahnya membeli vivo v15 bekas karena harganya yang sangat terjangkau untuk tipe ponsel yang bisa jadi harganya selangit untuk versi barunya. Selain lebih hemat, pengguna masih dapat memanfaatkan fitur-fitur apik dari ponsel bekas tersebut, tanpa harus mengeluarkan dana lebih besar. Memang, masalah harga itu penting, namun membeli HP bekas jangan hanya mempertimbangkan harga. Simak tips berikut ini untuk menghindarkan diri dari membeli produk tidak berkualitas.

main image

1.       Seken Yang Seperti Apa Yang Patut Dipertimbangkan?

Ada beberapa jenis ponsel seken. Pertama adalah ponsel yang pernah dimiliki seseorang tetapi dia menjualnya, atau ponsel milik sebuah pemilik situs atau konten yang mereview ponsel. Tentu, lebih disarankan untuk membeli versi kedua.

Karena memang pemilik lama tidak menggunakannya dalam kurun waktu yang lama. Biasanya, ponsel seperti ini memiliki surat sertifikasi meskipun hal ini hanya berlaku untuk situs belanja online populer di luar negeri. Tetapi saat ini, banyak YouTuber yang menawarkan ponsel yang mereka gunakan untuk unboxing.

2.       Ponsel Daur Ulang

Ponsel seperti ini merupakan milik dari perusahaan Jepang atau Korea Selatan yang tidak layak dipergunakan di negara merek. Padahal produk ‘gagal’ ini sebenarnya tidaklah gagal sama sekali. Gagal dalam hal ini misalnya speaker yang suaranya tidak terlalu keras, atau mungkin resolusi kamera yang tidak sesuai spek dan banyak lagi.

Ponsel seperti ini dijual di Indonesia melalui situs online dan banyak mendapat atensi dari penggemar ponsel pintar dengan harga murah. Tetapi, pembelian seperti ini cukup riskan karena mungkin ponsel impor tersebut tidak dapat menggunakan layanan penyedia jasa telekomunikasi tertentu.

3.       Ponsel Seken Dengan Seri Di Bawah Keluaran Terbaru

Banyak sekali merek ponsel ternama yang mengeluarkan produk dengan seri yang hampir sama, dengan waktu yang cukup dekat. Hal ini menguntungkan peminat ponsel bekas, dimana mereka dapat membeli ponsel bekas tersebut dengan harga murah, karena seri diatasnya baru diluncurkan. Dalam hal ini, pembeli harus benar-benar jeli dengan selalu mengikuti tren ponsel pintar yang segera dirilis.

4.       Bandingkan Harga

Ini  memang harus dilakukan. Bahkan untuk jenis ponsel baru sekalipun. Perbandingan harga ponsel seken lebih sulit dideteksi karena ponsel seken memiliki riwayat berbeda, tergantung bagaimana pemiliknya memperlakukan ponsel mereka.

Karena itulah, perbandingan harga sangat diperlukan dimana ponsel seken dengan harga yang terlalu murah mungkin tidak perlu menjadi pertimbangan. Tetapi hal ini mungkin berlaku bagi mereka yang memang memiliki  keahlian untuk bongkar pasang suku cadang ponsel.

5.       Jaminan Uang Kembali dan Garansi Toko

Untuk kasus seperti ini, pembeli disarankan untuk memilih situs online yang memberikan jaminan uang kembali dan garansi toko. Hal ini berlaku apabila ponsel pintar ternyata dalam kondisi yang tidak sesuai deskripsi dan gambar. Terlebih saat ponsel tersebut rusak saat sedang dalam perjalanan.

Saran terbaik adalah segera mencoba ponsel pintar tersebut sejak barang diterima dan langsung dipergunakan oleh pembeli. Biasanya, proses ini harus didokumentasikan supaya penjual pun mendapatkan bukti bahwa kondisi ponsel tidak seperti yang diharapkan. Kondisi fisik pertama yang harus diperhatikan adalah layar, dimana layar harus mulus dan bebas retak. Retak sedikit saja dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel tersebut.

Tidak sulit membeli ponsel bekas, terlebih jika semua kriteria tersebut diatas semuanya dipenuhi. Nikmati keuntungan membeli ponsel kaya fitur dengan harga yang cukup bersahabat, tanpa khawatir ponsel mengalami kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.