SAJIAN KULINER KHAS DARI KOTA BALI

10 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutu

Tidak bisa di pungkiri kalau kota bali memang menyimpan berbagai macam ciri khas dan pesona alam yang begitu luar biasa, mulai dari banyak nya tempat tempat wisata yang sudah menjadi surganya indonesia, sampai dengan kearifan budaya lokal khas indonesia yang masih terjaga kelestarianya hingga sekarang. Tetapi bukan hanya terkenal akan indah nya pesona alam yang dimiliki kota bali, dari segi kuliner khas atau masakan bali juga memiliki makanan khas yang menyajikan citarasa lezat yang begitu luar biasa, penasaran? Dengan kuliner khas apa saja yang berasal dari kota yang terkenal akan panorama pantai nya yang begitu indah ini, oke langsung saja saya berikan sedikit contoh makanan khas dari kota bali menurut kumpulan artikel kue kering
1. LAWAR
Nah makanan khas dari kota bali yang pertama adalah lawar, terbuat dari bahan dasar seperti sayur mayur, nangka, parutan kelapa yang nanti akan di campur dengan bumbu bumbu yang sudah di racik oleh penduduk asli dari kota bali membuat makanan ini begitu nikmat saat di nikmati. Ada tiga jenis bahan utama yang di gunakan di dalam lawar, yaitu dengan menggunakan daging bebek, daging ayam dan juga daging babi, dari semua bahan utama tersebut semuanya memiliki citarasa yang begitu luar biasa.
2. BABI GULING
Mungkin inilah makanan khas bali yang paling terkenal yaitu babi guling, cara mengolah babi guling sendiri dengan cara seekor babi di panggang dan diguling diatasa bara api yang terbuat dari batok kelapa. citarasa yang tersaji lewat babi guling sangatlah lezat dengan dominan rasa pedas makanan ini sangat cocok bagi anda yang doyan dengan rasa pedas.
3. AYAM BETUTU
Nah selain babi guling ada salah satu makanan khas bali yang begitu terkenal yaitu ayam betutu, ayam betutu adalah makanan yang menjadi primadona bagi turis turis asing, karna memang bumbu yang di gunakan juga tidak main main yaitu dengan menggunakan bumbu yang bernama betutu. Betutu sendiri adalah salah satu bumbu yang sudah sangat mendunia, dengan bahan dasar seperti daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah dan lain lain. Citarasa yang tersaji pun sangatlah lezat, makanan khas bali yang satu ini ternyata menjadi salah satu makanan favorit para turis asing.
4. BEBEK BETUTU
Nah kalau tadi ayam betutu sekerang dengan bahan utama yang berbeda yaitu dengan menggunkan bebek sebagai bahan utamanya, bumbu yang di gunakan pun masih sama dengan ayam betutu tetapi citarasa yang tersaji berbeda, bebek betutu lebih dominan dengan rasa pedas gurih dan ditambah dengan daging bebek yang lebih tebal dan pastinya sangat mengugah selera saat sedang menyantapnya.
5. SROMBOTAN
Nah kalau anda tahu dengan makanan khas jawa yang bernama urap jawa, makanan khas bali yang satu ini sangat mirip dengan urap jawa, hanya saja yang membuat nya berbeda adalah, dengan bahan bahan dasar dan citarasa yang berbeda, citarasa yang tersaji pun begitu lezat dengan rasa manis, pedas, asin dan gurih, membuat srombotan menjadi makanan yang pas sebagai teman dari nasi.
Nah itu tadilah sedikit contoh makanan khas dari pulau dewata bali yang memiliki citrasa yang begitu lezat dan pastinya membuat lidah bergetar saat menyantapnya, sebenarnya masih banyak sekali makanan khas dari kota bali yang tidak kalah terkenal dan pastinya memiliki citarasa yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.