6 Teknik dan Teknologi Menghitung HPL

Sekarang ini banyak cara untuk bisa memperkirakan hari persalinan (kelahiran anak) yang bisa anda lakukan. Baik itu secara manual maupun secara online. Kalau secara manual bisa dilihat dari tanda-tanda fisik, namun dengan cara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi melalui android. Berikut 6 cara memprediksikan hari persalinan :

1. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Pada kehamilan dalam istilah trimester 1 merupakan masa kehamilan dengan usia kandungan 0-2 minggu, yang dihitung dari hari pertma haid terakhir. Dengan menggunakan usia kehamilan itu bisa diketahui tanggal taksiran persalinan dengan memakai rumus Naegele, caranya yaitu: Tanggal  HPHT ditambah 7, Bulan dikurang 3, dan tahun ditambah 1.

Contoh perhitungan misalnya tanggal HPHT adalah 1-4- 2017, maka TP nya adalah (1+7=8) / (4-3=1) / (2011+1=2012). Hasilnya menjadi =8-1-2018 (sesuai dengan usia kehamilan 40 minggu). Dan tentukan hari pertama menstruasi terakhir, angka ini dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (LMP=Last Menstruasi Periode).

2. Menghitung Usia Kehamilan Gerakan Janin

Perlu diketahui bahwa pada kehamilan pertama gerakan janin mulai terasa setelah kehamilan memsuki usia 18-20 minggu, sedangkan pada kehamilan kedua dan seterunya gerakan janin sudah terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.

3. Menghitung Usia Kehamilan Tinggi Puncak Rahim

Pada umumnya, dokter akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Jika jarak tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, itu berarti usia kehamilan anda sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalam 36 cm, dan ini menunjukkan usia kehamilan sudah mecapai 36 minggu. Selain itu juga, perlu diketahui ukuran maksimal adalah 36 cm dan tidak akan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu.

4. Kalkulator Kehamilan Terlengkap

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi penghitung usia kehamilan dengan metode kalender, yaitu dengan menggunakan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yang didasarkan pada cara perhitungan dengan menggunakan rumus Neagele. Aplikasi Kalkulator Kehamilan Terlengkap ini terdiri dari 4 macam fitur pendukung yang melengkapinya. Fitur yang pertama adalah kalkulator kehamilan yang bisa anda gunakan untuk menghitung rentan waktu kehamilan hingga hari perkiraan lahir.

Ada juga fitur kalkulator berat badan ideal dan kalkulator masa subur yang sangat cocok untuk digunakan oleh wanita yang sedang mengandung dan wanita lainnya yang sedang tidak mengandung pada umumnya. Dan fitur yang terakhir adalah aplikasi panduan merawat bayi yang diperuntukkan bagi para ibu muda yang baru saja memiliki anak pertamanya. Sehingga dengan menggunakan fitur ini diharapkan bisa membantu memberikan tips yang lengkap untuk kelahiran yang pertama. Jadi bisa dibilang aplikasi perhitungan kelahiran anak ini sangatlah lengkap.

5. Dengan Menggunakan Kalender Kehamilan

Fungsi dari kalender kehamilan yaitu untuk mengetahui taksiran persalinan atau HPL (harri perkiraan lahir), anda hanya cukup mengarahkan panah “menstruasi terakhir” dan kemudian dilihat panah lainnya yang berada pada usia kehamilan 40 minggu yang berada tepatt pada tanggal dan bulan apa. Dengan demikian, kita bisa mengetahui zodiac anak kelak dengan memprediksi waktu kelahiran anak. Sehingga Anda bisa mulai membaca Ramalan Zodiak capricorn hari ini.

6. Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan Ultrasonografi (USG)

Dengan cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh para dokter kandungan, dan tingkat akurasinya cukup tinggi yaitu sekitar 95%. Dengan menggunakan USG ini maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat denagn jelas melalu “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.