Harga Bitcoin Terus Meroket di Tahun 2019

App Screenshot

Harga Bitcoin Belakangan ini pergerakan harga bitcoin memperlihatkan performa yang bagus. Uang digital atau cryptocurrency ini sepertinya tengah berada dalam tren positif. Harga bitcoin naik 0,89 persen di level 7.997 dollar AS per bitcoin dari harga kemarin di level 7.926 dollar AS. Bahkan sudah naik hampir dua kali lipat dari harga akhir tahun lalu di level 3.674 dollar AS per bitcoin.

Pada akhir bulan lalu harga bitcoin sempat tembus 9.000 dollar AS. Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Bitocto Indonesia, Milken Jonathan, menilai pergerakan harga bitcoin saat ini merupakan siklus pasar yang normal. Menurutnya ini menunjukkan transisi dari tren bearish ke bullish. Apalagi pasar cryptocurrency berlangsung satu kali 24 jam dan tentunya semua fase berjalan lebih cepat. Di sisi lain market cap bitcoin saat ini terus gelimang. Total market cap bitcoin mencapai 141,621 miliar dollar AS.

Milken mengira market cap bitcoin yang cenderung mengalami kenaikan akan mendorong market cap keseluruhan cryptocurrency naik, sehingga semakin ramai pula pasar mata uang maya ini. Milken mengatakan, jelang siklus halving day juga membawa harga bitcoin melambung dan mempertahankan tren bullish. Halving Day adalah momen bagi para penambang bitcoin untuk mendulang untung di mana reward per blok akan berkurang menjadi separuhnya.

Pengurangan ini terjadi setiap empat tahun sekali atau setiap 210.000 blok dan akan berlangsung di tahun depan. Milken optimistis harga bitcoin setidaknya sentuh 10.000 dollar AS per bitcoin tahun ini. Akan tetapi, untuk tahun depan dengan faktor halving day dan efek setelah itu tentunya bisa mengalami kenaikan lagi sampai di atas 15.000 dollar AS per bitcoin. Namun, tantangan datang seiring banyak instansi mulai membangun cryptocurrency mereka sendiri atau membuat blockchain.

Bitcoin adalah sebuah cryptocurrency pertama dan dilihat sebagai contoh dan acuan dan demand akan naik terus dari tahun ke tahun. Bahkan, meskipun sentimen global beterbangan misalnya proyeksi pelemahan ekonomi global harga bitcoin masih bisa cenderung naik layaknya emas.

Milken menyarankan kepada investor bitcoin agar beli bitcoin dengan cicilan, sehingga risiko manajemen yang tepat untuk investasi jangka panjang. Adapun untuk perdagangan sepekan ke depan, Milken mengira harga bitcoin tetap akan bergerak dalam rentang 7.100 dollar AS- 8.300 dollar AS per bitcoin. Selanjutnya sampai dengan akhir semester I juga kurang lebih sama dengan range demikian tapi tidak menutupi kemungkinan juga untuk menyentuh 8.600 dollar AS- 9.000 dollar AS per bitcoin.

Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa dari US$19,6 ribu pada Desember 2017 sebelum jatuh ke level terendah U$3,1 ribu pada Desember 2018. Saat ini harga Bitcoin itu sendiri meningkat lebih dari 250 persen sejak level terendahnya pada 2018. Dilansir dari Independent, harga Bitcoin memang sulit diprediksi. Meski Begitu, berbagai ahli telah menduga harga Bitcoin bisa melewati harga tertinggi pada 2017 lalu. Mata uang kripto jenis lainnya seperti Ethereum, Ripple, dan Litecoin juga terdorong oleh peningkatan Bitcoin. Rata-rata mengalami peningkatan 20 persen hingga 35 persen pada bulan lalu. Kemungkinan besar, melesatnya nilai Bitcoin juga didorong besar oleh mata uang kripto milik Facebook, Libra yang belum dirilis. Awal pekan ini, Facebook mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi bitcoin-nya sendiri pada 2020. Banyak ahli menyebutkan alih-alih menggantikan Bitcoin, Libra justru melegitimasi dan mendorong industri mata uang kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.