Inidia Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Secara Umum dan Paling Mudah


Perlu anda ketahui bahwasekarang ini Youtube tumbuh serta berkembang menjadi salah satu mesin untuk meraup pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan. Banyak orang –orang yang menggunakan media Youtube ini untuk menghasilkan uang. Salah satu cara mendapatkan uang dari Youtube adalah dengan menjadi content creator atau yang dikenal dengan nama Youtuber. Lalu bagaimana cara untuk menghasilkan uang melalui media Youtube ini? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang cara menghasilkan uang melalui media Youtube sebagai berikut :

1. Membuat Youtube Channel

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di Youtube jika anda belum memilikinya. Dalam hal ini, coba sign in ke Youtube (anda bisa menggunakan akun Google untuk masuk serta mendaftar, daripada mengisi semua data form lagi dari awal). Kemudian buatlah channel anda, dan sebaiknya pikirkan nama apa yang menarik bagi saluran Youtube anda serta bagaimana konsep saluran anda, bagaimana tema maupun karakter channel anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis.

2. Monetisasi Youtube Channel

Langkah berikutnya coba sign in ke akun Youtube anda, lalu pilih menu “account information” yang berada di sebelah kanan atas dan klik “Craetor Studio”. Setelah itu, pada menu di sebelah kiri, lalu pilih “Channel” serta klik “Status anda features”. Kemudian pilih “Enable Monetisation”. Lalu setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan Youtube Channel Ke AdSense

Sesudah anda mengaktifkan monitisasi pada Youtube Channel anda, maka anda perlu melakukan associate dan approved AdSence account yang anda miliki ke Youtube account anda. Nantinya, akan ada fitur Youtube Analytic yang bisa anda gunakan untuk melakukan track penghasilan anda, yang mana penghasilan ini bisa anda dapatkan jika anda sudah melengkapi atau mengikuti Youtube payment treshold yang ada.

4. Optimalkan Fungsi Monetisasi Pada Youtube Channel

Guna memaksimalkan Youtube channel anda, ada beberapa kriteria yang perlu anda penuhi da ikuti sebagai berikut ini :

– Video tersebut harus user-friendly

– Konten video harus merupakan karya orisinil anda supaya bisa dapat di-promote

– Copyrighted videos yang anda plagiasi dari internet tidak bisa menghasilkan apa-apa, oleh karena itu jangan pernah melakukan plagiasi

– Video yang dibuat harus memperhatikan Guidelines yang telah dibuat oleh pihak Youtube

– Sekalinya video anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video anda berikutnya

6. Melakukan Conversation Rate Product Page

Dalam hal ini jika anda memiliki suatu bisnis tertentu, anda bisa menjadikan Youtube ini sebagai alat untuk meningkatkan conversation rate anda. Maka dari itu, buatlah video dengan konten yang menunjukkan kelebihan-kelebihan bisnis anda lewat soft promotion. Lalu buatlah link pada product page anda di kolom deskripsi Youtube video anda. Hal ini seringkali digunakan oleh para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. 

7. Menjual Video di Website Penjualan Video

Anda juga bisa menjual video di website komersial yang memberikan sarana bagi anda untuk berjualan hasil karya anda. Nantinya pada Youtube anda bisa mengupload tayangan berupa teaser serta mengarahkan penonton video anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

8. Mengarahkan Traffic Untuk Affiliasi Link

Perlu anda ketahui, bahwa affiliate marketing merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Soalnya, banyak pemasar affiliate yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya sebagai upaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan penghasilan yang cukup besar. Jadi, dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, maka cobalah membuat saluran Youtube yang keren serta menggunakannya sebagai katalis yang bisa mengarahkan ke affiliate link tadi.

9. Menarik Sponsorship

Jika anda melihat para Youtuber yang sukses dan terkenal di internet, tentunya anda akan melihat hampir semua konten mereka selalu ada unsur sponsornya dan advertisement. 2 aspek inilah yang mereka manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube.

10. Berpikir Out of The Box

Jika anda ingin menghasilkan video yang sangat menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir, lalu dibagikan kembali ke orang-orang hingga akhirnya menjadi viral, maka anda perlu berpikir diluar kebiaaan anda.

Itulah cara menghasilkan uang melalu Youtube, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menginspirasi anda untuk selalu berusaha. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.