Tips Merawat Kompor Gas Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Service Kompor Gas

Bisa dipastikan bahwa setiap masyarakat kita sudah memiliki sebuah kompor gas di masing-masing rumahnya. Ya, terang saja demikian, sebab kehadiran kompor gas itu sendiri sudah menjadi kebutuhan hidup bagi kita. Dengan adanya kompor gas tersebut, kita pun dapat melakuka berbagai aktifitas didapur seperti memasak, merebus, memanggang, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kompor gas ini bisa menjadi bom waktu yang dapat mengancam, apabila kita tidak sering membersihkan atau service kompor gas dengan benar. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui tentang cara merawat kompor gas dengan baik dan benar. Untuk mempersingkat waktu, inilah tips-tips dalam merawat kompor gas :

1. Selalu Membersihkan Badan Kompornya

Tips pertama yang harus anda ikuti untuk merawat kompor gas agar awet dan tidak mudah susak, yaitu dengan selalu membersihkan badan kompornya. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Cara pengerjaannya cukup mudah, dimana anda hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan kain kering. Meskipun kotorannya hanya sedikit, namun anda tidak boleh menyepelekannya. Sebab, kotoran yang sudah menumpuk dan mengerak itu akan sulit untuk anda bersihkan lho. Dan yang lebih gawatnya lagi, kondisi kompor yang kotor tersebut akan menjadi sarang kuman sehingga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di dapur.

2. Jangan Lupa Bersihkan Tombol Kompornya

Banyak dari kita yang kurang memperhatikan bagian yang satu ini, sehingga tombol kompornya terasa berat saat diputar, atau bahkan sama sekali tidak bisa berputar. Ya, hal ini dikarenakan telah menumpuknya kotoran pada tombol kompor tersebut. Soal cara membersihkannya, silahkan lepaskan tombol kompor tersebut, kemudian rendam ke dalam air sabun hangat, dan diamkan beberapa saat. Jika sudah demikian, maka semua kotoran yang menempel padanya akan segera teratasi.

3. Bersihkan Bagian Tungku Kompor

Selain harus membersihkan bagian tombol kompor, anda juga jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian tungku kompornya. Sebab, bagian tungku inilah yang paling rentan terhadap kotoran-kotoran berupa minyak dan lemak. Mengenai cara membersihkannya, siapkan sikat yang bertekstur halus, tambahkan dengan sabun pencuci, kemudian gosok ke semua sisi tungku hingga benar-benar bersih. jika sudah demikian, keringkan tungku tersebut sebelum anda memasangkannya kembali ke kompor.

4. Bersihkan Bagian Selang Gas

Ini dia salah satu komponen dari gas yang menyangkut dengan keselamatan nyawa. Ya, hal itu dikarenakan adanya kebocoran pada selang gas tersebut. Sejatinya, cara membersihkan selang gas ini memang tidak ada urusannya dengan kebocoran. Namun, cara ini sekaligus pengecekan sehingga anda dapat mengetahui kondisi selangnya. Soal cara membersihkannya, pertama-tama dulu lepaskan selang gas tersebut, lalu bersihkan permukaannya dengan menggunakan lap atau spons yang telah dilumuri air sabun. Apabila saat dibersihkan terdapat gelembung pada salah satu sisi selang, itu artinya telah ada kebocoran dan harus segera diganti dengan selang yang baru.

5. Pastikan Kompor Dalam Keadaan Kering Seperti Semula

Siapkan lap kering, kemudian gosok semua bagian kompor yang baru anda bersihkan tadi hingga benar-benar kering. Jika sudah demikian, silahkan letakkan kembali kompornya pada tempat semula.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Itulah beberapa cara merawat kompor gas agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *