MPASI Instan Aman Ataukah Berbahaya? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

MPASI Instan VS Rumahan

Bubur bayi instan merupakan solusi bagi ibu-ibu yang memiliki bayi usia 6 bulan ke atas sebagai makanan pendamping ASI untuk buah hatinya. Namun hal tersebut berlaku beberapa tahun silam sebelum adanya bubur bayi olahan atau organik yang disajikan sebelum digunakan. Meningkatnya pengetahuan mengenai kesehatan bayi menjadi dasar mengapa para ibu banyak yang beralih dari bubur bayi instan ke bubur bayi organik. Stigma instan yang dekat dengan penyebab masalah kesehatan membuat para ibu khawatir akan kesehatan sang buah hati.

Lalu betulkan anjuran untuk jangan beri anak MPASI instan karena berbahaya itu benar? Perlu banyak kajian untuk membenarkannya karena secara komposisi memang bubur bayi instan mengandung nutrisi yang diperlukan untuk bayi dengan porsi yang pas sesuai usia yang dianjurkan. Untuk masalah bahan pengawet, pabrik makanan bayi menggunakan bahan pengawet khusus untuk makanan dengan kadar yang bisa ditolerir bayi sehingga tak berpengaruh pada kesehatannya. Meski begitu tentu saja jika dibandingkan dengan makanan yang langsung diolah dan diberikan pada bayi, bubur instan akan kalah dalam hal kesegarannya dan tak adanya bahan pengawet pada bubur organik langsung jadi.

Meski begitu, perlu diperhatikan menu sehat MPASI pertama haruslah dari bahan makanan yang menyehatkan dan juga bersih atau higienis. Bahan makanan yang mengandung gizi seimbang akan menjadi sumber nutrisi untuk kebutuhan energi bayi. Selain itu proses pembuatan yang bersih dan benar akan menjadi penentu ada atau tidaknya bakteri yang ikut masuk ke dalam pencernaan bayi termasuk dengan tekstur makanan agar bayi bisa mencernanya dengan baik. Membuat bubur bayi organik sendiri memang lebih baik asalkan cara pembuatannya juga menyehatkan misalnya dengan cara yang bersih dan bebas dari bahan yang buruk untuk kesehatan misalnya garam atau gula berlebih.

Ada banyak faktor yang bisa mendasari pilihan Anda apakah akan menggunakan bubur bayi instan ataukah bubur bayi buatan sendiri. Ada baiknya memberikan bayi selingan agar ia tak merasa bosan. Bubur bayi instanpun bisa diberikan secara bergantian rasa dan diselingi dengan bubur bayi olahan sendiri untuk memberikan nutrisi seimbang yang maksimal pada si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *