Jenis Televisi Keluarga Murah dan Cocok Untuk Keluarga

Televisi atau TV sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keluarga Indonesia. Hampir di setiap rumah alat elektronik ini berfungsi sebagai sumber hiburan dari kehidupan yang padat. Tak ayal, penjualan televisi dari tahun ke tahun terus meningkat.

Dengan kemajuan teknologi, televisi juga bertransformasi menjadi alat elektronik yang canggih. Produsen TVyang sebagian besar berasal dari Jepang, Korea, dan China terus melakukan inovasi agar konsumen semakin tertarik membelinya. Mulai dulu yang masih berbentuk tabung, kini bentuk TV kebanyakan berubah menjadi flat TV alias layar serta bentuknya yang tipis.

Berikut kami sajikan beberapa jenis-jenis TV yang cocok dipakai di ruang keluarga Anda.

  1. Televisi Super UHD

TV Super UHD merupakan salah satu generasi televisi terbaru menyambut tahun 2018 ini. Pada seri sebelumnya TV ini masih menggunakan bahan plastic pada bagian frame-nya, namun di seri terbaru ini menggunakan bahan metal. Selain tampilan fisiknya yang lebih ramping, fitur tambahan yang disuguhkan jenis TV ini adalah HDR. Dengan fitur ini, memungkinkan penonton untuk melihat objek gambar lebih jelas, meskipun dalam kondisi kurang pencahayaan (gelap).

Selain itu, alat elektronik ini juga melengkapi keelegannya dengan fitur color prime plus dan dolby vision yang membuiat kualitas gambar yang hampir sama dengan menontot film di bioskop lho. Upgrade fitur WEB OS menjadi versi 3.0 menjadikan TV ini lebih cepat dan interaktif.

  1. Televisi OLED

Salah satu produk eloktronik asal pabrikan Korea Selatan ini pada beberapa waktu lalu menjadi produk yang paling diminati konsumen di Amerika Serikat. Yup, TV OLED namanya. OLED sendiri merupakan akronim dari Organic Light Emitting Diode. Lapisan layart TV ini berasal dari bahan organic yang dapat memancarkan cahaya yang dibuatnya. Dengan bahan natural, TV ini tidak memerlukan lagi lapisan pencahayaan belakang (backlit).

Kata organic sendiri juga merujuk pada kemampuan pada setiap piksel TV ini untuk pencahayaan tanpa adanya distorsi dari deret lampu di bagian belakang panelnya. Dengan kemampuan ini TV ini dapat mempertahankan konsistensi warna dan kopntras meskipun dari sudut menonton yang lebar tanpa mengurangi kualitas gambar.

  1. Televisi Plasma

Plasma sendiri memiliki arti beberapa gas seperti neon dan xenon yang bersinar ketika terkena medan listrik. Pada TV ini tiap pikselnya terdiri dari tiga container kecil berisi gas inert. Dengan kombinasi piksel yang rapat, membuat TV ini menghasilkan warna yang lebih baik daripada televisi sebelumnya. Namun kekurangan TV Plasma ini yakni rentan terhadap kerusakan. Selain itu, bila gas yang membentuk plasma bocor, akan menyebabkan kualitas gambar menurun.

  1. Televisi LED

Televisi LED pada saat ini menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain harganya yang mudah dijangkau, ukurannya pun lebih tipis daripada TV konvensional pada umumnya. TV ini juga merupakan generasi pertama yang menggunakan sistem pencahayaan Light Emitting Diode (LED). Kekurangan TV ini adalah tidak cocok bila dilihat dari sisi samping. Selain itu, backlighting-nya pun tidak seragam. Sehingga membuat tepi layar akan tampak kelabu jika sedang berwarna hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *