Ini Dia Beberapa Fakta Tentang IMEI

7 Tanda Kalau iPhone 7 yang Kamu Beli Ternyata Palsu

Baru baru ini Kementrian Komunikasi dan Informatika telah memberlakukan registrasi kartu SIM prabayar bagi para pengguna layanan seluler. Dikutip dari berita teknologi, pemerintah dalam waktu dekat akan memberlakukan registrasi IMEI ponsel. Mungkin sering dilihatnya tulisan IMEI oleh para pengguna  ponsel yang tertera didalam kardus ponsel atau juga beberapa jenisnya pada body ponsel mencantumkan nomor tersebut. Tetapi tidak banyak yang mengetahui arti dan fungsi dari IMEI itu sendiri.

Berikut beberapa fakta tentang IMEI diantarnya yaitu :

  • Pengertian IMEI

IMEI ini sediri merupakan singkatan dari Internasional Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 hingga 16 nomor. Nomor ini sendiri diberikan oleh GSMA yang merupakan lembaga global.

  • Serupa NIK Pada KTP

IMEI ini seperti NIK pada KTP atau Kartu Tanda Penduduk tetapi pada ponsel. IMEI bagi operator seluler berguna untuk mendeteksi perangkat yang telah terdaftar pada jaringan mereka. Mulai dari berapa banyaknya pelanggan yang menggunakan android atau berapa banyaknya pelanggan yang menggunakan ponsel yang menggunakan teknologi android. Nomor IMEI di Indonesia terdaftar di Kementerian Perindustrian sebelum diedarkan dipasaran.

  • Fungsi dari IMEI

Banyaknya pengguna ponsel yang belum mengetahui IMEI ini berfungsi untuk apa? Yang paling mudah adalah IMEI ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan ponsel pada saat hilang. Sekarang ini memang banyaknya sistem operasi yang menyediakan banyak aplikasi keamanan. Tetapi bagi pelanggan yang tidak memiliki aplikasi keamanan maka nomor IMEI ini bisa menjadi pilihan. Caranya memang tidak semudah menggunakan aplikasi, karena pelanggan yang kehilangan ponselnya untuk memastikan posisi ponsel mereka harus mendatangi gerai operator.

Sekarang ini nomor itulah yang akan dijadikan pemerintah untuk mulai melakukan registrasi.

Achmad Rodjih Almanshoer selaku Telematika Kementrian Perindustrian mengatakan registrasi ini akan mampu menghalau aksi pasar gelap ponsel. Achmad mengatakan jika pihaknya akan melakukan kerjasam dengan GSMA untuk mensinkronisasi IMEI yang berada di Kemenperin dengan GSMA. Achmad juga menambahkan jika pihaknya akan menyiapkan sistem piranti lunak untuk mensinkronisasi data yang sudah ada. Kominfo dan Kemendag juga akan memberikan informasi mana ponsel yang illegal dan yang tidak illegal.

Itulah beberapa fakta tentang IMEI diantarnya. Hingga sekarang belum adanya sanksi terkait penggunaan registrasi IMEI tetapi nantinya bersama Kominfo akan memberikan kebijakan. Tetapi sanksinya belum ditentukan karena nantinya akan ada kebijakan bersama yang familiar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *