Merk Laptop Terbaik Harus Mempunyai 6 Kriteria ini

Hasil gambar untuk bukalapak.com laptop

Laptop atau biasa disebut dengan komputer jinjing atau komputer lipat merupakan sejenis komputer portable yang dapat dibawa kemana saja. 10 tahun yang lalu, laptop mungkin masih dianggap sebagai barang mewah namun saat ini keberadaan laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari berbagai kalangan, dari mulai para pelajar dan mahasiswa, karyawan hingga para pelaku jual beli online. Memang dari sekian banyak merek laptop yang ada, terkadang kit masih sulit dalam memilih merk laptop terbaik. Oleh karena itu mari kita simak apa saja ciri-ciri dari merek laptop yang terbaik:

Ingin membeli laptop merk terbaik? Pastikan lebih dulu mengetahui spesifikasi (spek) yang dimilikinya. Spek yang dimaksud bisa meliputi besaran RAM, processor apa yang dipakai, VGA Card yang ditanamkan hingga kapasitas memori Hard Disk. Semakin tinggi spek yang dimiliki laptop maka harganya juga akan lebih mahal. Namun tentu hal tersebut juga sebanding dengan kemampuan yang dimiliki oleh laptop. Namun sebaiknya jangan selalu berpatokan pada harga atau spek saja, kebutuhan Anda akan laptop tersebut juga harus jelas dan disesuaikan dengan pemilihan merek laptop.

  • Harga sebanding dengan kualitas.

Seperti kata pepatah “ada uang ada barang”, begitu juga halnya dengan laptop terbaik. Sebenarnya hal ini adalah relatif. Seperti misalnya laptop khusus gaming, harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal daripada laptop biasa. Hal ini dikarenakan spek yang ditawarkan tidak cuma 10 kali lebih baik, tetapi juga kualitas hingga tampilan yang nyaris sempurna. Oleh karena itu, ada orang yang merasa cukup bangga dapat memiliki laptop khusus gaming.

  • Memiliki layanan purna jual dan service center terbaik.

Semua merk laptop terbaik sudah pasti wajib memiliki layanan purna jual (after sales service) yang terbaik. Salah satunya adalah tersedianya service center resminya. Sebab dengan keberadaan service center resmi, laptop yang mengalami kendala atau kerusakan saat dipakai dapat segera ditangani dengan baik. Selain itu, harga sparepart dan service di service center resmi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan di tempat service laptop pada umumnya.

  • Bergaransi.

Merek laptop yang bagus juga tentu haruslah bergaransi. Setiap kali membeli laptop, selalu mintalah garansi pada penjual. Dan jangan hanya garansi toko atau distributor saja melainkan juga garansi pabrikan. Garansi ini dapat menjamin pelayanan laptop berupa service yang gratis atau ganti barang jika terjadi kendala atau kerusakan. Pastikan juga garansi yang diberikan cukup panjang, setidaknya 1 tahun.

  • Harga laptop.

Semakin baik spek yang dimiliki sebuah laptop, maka harganya akan semakin mahal. Namun bukan berarti merek laptop yang menduduki penjualan terlaris selalu memiliki harga yang lebih tinggi daripada merek-merek setelahnya. Misalkan saja laptop merek B yang berada di bawah ranking laptop A memproduksi laptop yang harganya lebih murah dari merek laptop A. Harga selalu berbanding lurus dengan spek dan kualitasnya.

  • Fitur lain.

Memilih merk laptop terbaik juga dapat dilihat dari beberapa fitur lain yang disematkan pada laptop tersebut, khususnya untuk laptop gaming . Mulai dari sektor Audio-Video, webcam, cooling system, HDMI, dan masih banyak lagi. Memilih laptop berdasarkan fitur lain yang dimilikinya juga harus kembali pada kebutuhan Anda masing-masing sama halnya pada saat memilih laptop berdasarkan spek yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *