Pentingnya Penggunaan Simulasi KPR Sebelum Membeli Rumah

Hasil gambar untuk btnproperti.co.id

Anda ingin membeli rumah? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli rumah salah satunya adalah melalui kredit perumahan rakyat yang diberikan oleh berbagai bank di Indonesia salah satunya adalah BTN. Untuk memudahkan para calon debiturnya, Bank biasanya memberikan fasilitas berupa simulasi KPR agar setiap orang dapat mengetahui berapakah cicilan bulanan rumahnya sesuai dengan bunga yang diterapkan oleh bank tersebut. Lalu, apa saja manfaat dari simulasi KPR yang disediakan oleh pihak bank? Artikel berikut akan mengulas seputar pentingnya penggunaan simulasi KPR sebelum membeli rumah jika dilihat dari aspek manfaatnya.

Tidak repot bertanya ke bank

Dengan menggunakan simulasi KPR, Anda tidak perlu repot-repot ke bank dan bertanya kepada customer service disana. Anda cukup membuka handphone Anda dan membuka website bank yang Anda inginkan untuk melakukan simulasi KPR sesuai dengan kemampuan Anda. Simulasi tersebut nanti akan menghitung berapa cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya berdasarkan tenor waktu peminjaman dan DP yang Anda bayarkan sebelumnya. Sehingga, Anda akan memiliki gambaran tentang beban finansial Anda di masa depan.

Dapat membandingkan bunga yang ditawarkan

Selain tidak perlu repot untuk bertanya ke bank, dengan simulasi KPR yang disediakan oleh pihak Bank, Anda bisa membandingkan bunga yang ditawarkan dari satu bank ke bank lainnya. Hal ini yang membuat Simulasi KPR menjadi acuan banyak orang dalam memilih rekanan bank untuk membiayai rumah yang ingin dibeli. Dengan adanya simulasi KPR, Anda tidak perlu repot untuk bertanya dari satu bank ke bank lainnya untuk membandingkan skema KPR bank manakah yang lebih menguntungkan untuk Anda. Karena Anda cukup membukanya lewat Handphone Anda dan bandingkan dengan teliti.

Sebagai gambaran awal cicilan setiap bulannya

Simulasi KPR yang ditawarkan oleh bank memang tidak menggambarkan keseluruhan teknis pembayaran cicilan setiap bulannya. Karena, beberapa hal seperti biaya notaris hingga penggantian sertifikat HGB ke SHM tidak dimasukkan kedalam simulasi KPR. Akan tetapi, dengan adanya simulasi KPR setidaknya Anda akan mengetahui gambaran awal dari skema cicilan yang akan diterapkan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *