Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Hasil gambar untuk beritaoto.net mobil

Bagi sebagian besar orang, mobil bukan sekedar simbol kemewahan, tapi alat transportasi pendukung. Mobil membantu seseorang mencapai suatu tempat dalam waktu yang singkat. Berbeda dari alat transportasi umum maupun sepeda motor, mobil pribadi pastinya lebih nyaman. Seseorang bisa bepergian kemanapun tanpa harus takut kehujanan dan kepanasan. Tak perlu bingung pula untuk membayar jasa sewa kendaraan saat sedang ingin menggunakan mobil. Meskipun dirasa lebih nyaman, nyatanya masih banyak orang yang enggan membeli mobil. Pasalnya harga mobil yang kian hari kian tinggi serta pajak yang turut memberatkan menjadi pertimbangan tersendiri.

Terlebih mobil bukan investasi yang menjanjikan, mengingat harganya yang menurun setelah pemakaian beberapa tahun. Alasan-alasan inilah yang mendorong sebagian orang mengubah niat awal membeli mobil baru dan menggantinya ke alternatif lain, yakni mobil bekas. Banyak penjual mobil bekas yang menawarkan kendaraan layak jalan dalam kondisi tetap prima. Sebagai pembeli, Anda pun dituntut untuk jeli memilih mobil bekas, seperti:

  • Eksterior mobil

Bagian yang pertama kali Anda lihat ini tentunya juga harus diperiksa secara seksama. Tak perlu terburu-buru mengecek bagian dalam terlebih dahulu, tapi mulailah dari bagian terluar. Cek apakah ada bagian cat mobil yang terkelupas atau bertekstur kasar. Lihat pula kondisi kaca serta keempat ban mobil, apakah masih prima atau sudah harus diganti. Jangan lupa lihat bagian kolong mobil untuk melihat mana tahu ada bagian yang telah berkarat atau keropos. Cermati pula lampu mobil, masih menyala dengan terang atau malah tidak menyala sama sekali.

  • Interior mobil

Beralih dari bagian luar, sekarang Anda akan mengecek bagian dalam atau interior mobil. Seharusnya kondisi bagian dalam, seperti jok mobil, audio, AC, serta pintu mobil dapat berfungsi dengan sempurna. Khusus jok mobil periksalah bahan pelapisnya dan coba untuk mendudukinya guna mengetahui kondisinya. Mainkan pula kaca mobil, apakah masih bisa di naik turunkan dengan baik atau malah terjadi macet. Anda juga bisa melihat bagian karpet dan langit-langit, sebab kedua bagian tersebut sangat luput dari perhatian pembeli.

  • Mesin

Bagian terpenting dari semuanya adalah mengecek kondisi mesin mobil. Bagaimana bisa sebuah mobil berjalan mulus kalau performa mesinnya sudah mengkhawatirkan? Bila perlu ajak penjual untuk melakukan test drive guna mengetahui kondisi mesin mobil secara keseluruhan. Mesin mobil yang baik akan mengeluarkan suara halus saat di starter dan berjalan di jalanan. Saat test drive pun mobil tak condong ke arah kanan atau kiri yang mengidentifikasikan ada masalah pada bagian mesin serta ban. Anda pun bisa mencoba melewati jalanan yang tidak rata untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil, apakah masih prima atau sebaliknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *