Saatnya Cermat Mengenali Ciri-Ciri Ban Mobil Rekondisi

Salah satu komponen mobil yang harus diganti secara berkala adalah ban. Karena ban mobil rentan mengalami penurunan mutu bila dipakai terus menerus. Namun kini kita mesti lebih teliti bila ingin mengganti ban mobil. Karena banyak ban mobil hasil rekondisi yang beredar di pasaran.

Ban mobil hasil rekondisi merupakan ban bekas yang diproses kembali agar menyerupai kondisi ban baru. Kita wajib cermat mengenali ciri-ciri ini supaya terhindar dari penjualan ban mobil rekondisi:

Mencermati TWI pada Ban

Tread Wear Indicator (TWI) merupakan indikator tingkat keausan yang ada pada setiap ban mobil. Logo TWI berupa 6 segitiga yang mengarah pada tonjolan antas alur ban. Jika tonjolan tersebut sudah sejajar dengan alur ban, kemungkinan besar ban tersebut adalah hasil rekondisi. Cermati bagian penting pada ban ini ketika kita hendak mengganti ban mobil.

Mengenali Motif Ukiran Baru

Supaya tampak seperti ban baru, ban yang sudah direkondisi akan dilengkapi dengan ukiran-ukiran baru. Kondisi ban yang sudah diukir dengan motif baru pasti kelihatan lebih berantakan. Tidak beraturan seperti ban asli yang bukan hasil rekondisi.

Ban Rekondisi yang Ditempel dengan Ban Lain

Ban rekondisi juga sering ditempel dengan ban lain supaya teksturnya tampak lebih tebal dan ukirannya terlihat jelas. Hal ini bisa dikenali dari garis samping ban yang bentuknya tidak sempurna. Lebih parahnya lagi, ban rekondisi juga mudah mengelupas bila temperaturnya terlalu panas.

Ban Tidak Mendukung Kondisi Mengemudi yang Nyaman

Tak jarang ban rekondisi malah terasa kurang nyaman saat kita berkendara. Karena sebenarnya permukaan ban tersebut sudah tidak mulus dan justru rentan pecah. Bila kita merasakan hal ini, sebaiknya kita lekas memeriksa ban mobil dan menggantinya agar tidak membahayakan keselamatan perjalanan.

Setelah kita mengenali ciri-ciri ban rekondisi, risiko kecelakaan saat berkendara pun dapat diminimalkan. Jangan lupa pula melindungi mobil dengan asuransi all risk yang berkualitas. Ketahui manfaat asuransi all risk terlebih dahulu agar tak salah pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Kecermatan kita dalam merawat mobil dan memilih komponen terbaik akan membuat aktivitas berkendara senantiasa aman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *