Inilah 5 Hikmah Qurban Yang Tak Banyak Orang Tahu


Ada hikmah qurban yang akan kita dapatkan bila kita melaksanakan ibadah tersebut. Sebagimana kita tahu, bahwa Hari raya idul adha menjadi hari yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari raya idul adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Para pedagang hewan kurban, seperti sapi, kerbau, ataupun kambing akan mendapatkan rezeki yang melimpah. Mungkin anda akan memutuskan untuk berkurban pada tahun ini? Jika iya, anda adalah orang yang beruntung karena banyak hikmah dan kautamaan dari berkurban di hari raya idul adha ini.

Bahkan saking istimewanya berqurban, dalam salah satu haditsnya rosulullah menjelaskan bahwa tidak ada ibadah yang lebih dianjurkan pada hari itu kecuali berkurban. Sebab dengan berkurban akan ada hikmah yang kita dapatkan. Lagi pula secara bahasa, qurban bisa diartikan sebagai dekat, mendekat. Tentu saja harapanya kita bisa lebih dekat dengan keimanan. Nah inilah beberapa hikmah qurban.

  • Kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban

Salah satu sahabat nabi pernah menanyakan tentang hal ini, Zaid ibn Arqam, beliau atau mereka bertanya tentang apa itu qurban, dan menanyakan keutaman dari berkurban, kemudian Rasulullah menjawab, “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrohim.” Kemudian untuk pertanyaan kedua, Rasulullah menjawab, “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan, setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” H.R Ahmad dan Ibnu Majah.

  • Berkurban adalah ciri keislaman seseorang

Dari Abu Hurairah, nabi Muhammad SAW bersabda, “barangsiapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak memunaikan ibadah qurban, maka janganlah sekalipun ia mendekati tempat shalat ied kami.” H.R. Ahmad dan Ibnu Majah. Maksudnya adalah, jika seseorang tersebut dirasa mampu (dalam hal harta atau kekayaan) untuk berkurban, lalu dia tidak melakukan kurban, maka seseorang tersebut dilarang untuk mendekati masjid atau mushola tempat di mana orang muslim lainnya melaksanakan shalat ied.

  • Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT

Dari Aisyah, Rasulullah bersabda, “Tidak ada amalan pada hari raya kurban yang lebih disukai  oleh Allah SWT melebihi dari mengucurkan darah atau menyembelih hewan kurban pada hari raya idul adha, sesungguhnya pada hari kiamat, hewan yang telah dijadikan sebagai hewan qurban akan mendatangi pemiliknya lengkap dengan tanduk-tanduk, kuku-kukunya, dan juga bulu-bulunya tanpa ada satupun yang kurang. Sungguh darahnya akan sampai pada Allah sebelum darahnya jatuh ke tanah.” H.R. Ibnu Majah dan Tarmidzi.

  • Berkurban akan menggembirakan kaum dhuafa

Berkurban membawa misi kepedulian pada sesame, terutama pada para kaum dhuafa yang akan merasa sangat senang saat mereka dapat memperoleh daging untuk menjadi bahan masakan mereka pada hari raya idul adha. “Hari raya Qurban adalah hari untuk makan, minum, dan dzikir kepada Allah SWT.” H.R. Muslim.

  • Berkurban merupakan bagian dari syiar agama islam

“Dan setiap umat disyariatkan kepada mereka semua ibadah qurban, agar mereka semua menyebut nama Allah SWT yang telah memberikan rezeki kepada mereka semua, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu semua kepada-Nya. Dan berilah kabar yang gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah SWT.” Qur’an surah Al-Hajj ayat 34.

Nah itulah beberapa hikmah qurban yang sangat baik bagi kita yang melaksanakanya. Entah itu untuk kehidupan di dunia maupun kehidupan di akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *