Trik Komputer Tua untuk Bisa Beroperasi dengan Lebih Cepat

Pekerjaan manusia saat ini sudah tidak bisa terlepas dari yang namanya komputer atau laptop. Jika dahulu komputer merupakan benda mewah yang hanya dimiliki sebagian orang saja karena harganya yang masih mahal, kini komputer atau laptop sudah dimiliki oleh banyak orang dari kalangan remaja hingga dewasa. Bukan hanya harganya yang semakin merakyat, namun juga kecanggihannya semakin luar biasa. Lalu bagaimana dengan komputer tua yang justru dahulu harganya lebih mahal? Apakah sudah tidak bisa digunakan? Komputer tua dalam artian memiliki spesifikasi yang masih rendah sebenarnya tetap bisa digunakan meski terbatas karena daya pikir prosessornya. Tetapi trik komputer berikut ini bisa Anda gunakan untuk memberdayagunakan komputer tua secara maksimal.

Komputer pada jaman dahulu biasanya masih menggunakan PC dengan casing besar dan monitor cembung. Monitornya sendiri justru lebih memakan banyak tegangan listrik sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dengan menggantinya menjadi monitor LED atau LCD. Dengan begitu daya listrik yang dibutuhkan lebih rendah dan juga monitor tidak cepat panas ketika digunakan dalam periode yang lama.

Untuk memory harddisk, komputer tua pada jaman dahulu kebanyakan masih menggunakan harddisk dengan kapasitas kelipatan 40giga yaitu antara 40 atau 80 giga byte. Bagi Anda yang ingin menambah kapasitas memory agar memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar, tidak disarankan untuk menambah memory internalnya namun bisa melakukannya dengan membeli memory eksternal saja. Dengan begitu kerja komputer tidak akan bertambah berat karena memory eksternal hanya digunakan atau disambungkan ketika perlu saja untuk memanggil file yang tersimpan di dalamnya. Untuk itu pintar-pintarlah mengatur penyimpanan file dengan cara menyimpan file yang sering digunakan di memory internal dan file yang jarang dibuka di memory eksternal seperti koleksi film atau foto.

Tips berikutnya untuk menambah performa kerja komputer tua adalah dengan mengupgrade komponen utamanya yaitu prosesor dan RAM. Jika prosesor yang masih Anda gunakan pada komputer adalah pentium IV hingga core to duo, maka sudah saatnya menggantinya dengan prosesor yang lebih tinggi minimal dual core. Saat ini kebanyakan komputer atau laptop sudah menggunakan prosesor minimal core i 3 untuk bisa menjalankan berbagai program dengan ringan sehingga bisa melakukan multitasking dengan baik. Namun hal tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan komputer sendiri, jika komputer hanya digunakan untuk tugas sekolah yang ringan maka pentium IV masih bisa digunakan. Namun jika tugas sekolah terdapat pengeditan gambar atau grafis yang lebih berat maka ada baiknya mengupgrade prosesor menjadi dual core.

Trik komputer yang terakhir adalah menambah kapasitas RAM sesuai dengan aplikasi yang diinstalkan ke komputer misalnya minimal 1 giga untuk aplikasi grafis standar. Dengan mengupgrade komputer tua, maka Anda tak perlu membeli komputer baru lagi untuk melakukan berbagai pekerjaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *