5 Dapak Positif Bermain Game

Sebagai orang tua tentu sangat takut jika anaknya yang sangat menyukai game terkena imbas dari dampak negatif bermain game, terlebih lagi terdapat riset yang menyebutkan bahwa bermain game memiliki dampak yang kurang baik terhadap semua kalangan tidak hanya kepada seorang anak saja.

Akan tetapi anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir secara berlebihan, sebab dengan bermain game sesuai dengan aturan dan pengawasan maka ada dampak positif yang akan diperoleh oleh anak-anak anda. Yang terpenting yang perlu anda perhatikan adalah perhatikan porsi bermain game yang anak anda lakukan.

Dan berikut ini beberapa manfaat atau dampak positif bermain game yang di dapatkan:

  1. Mampu mengkoordinasi mata dan tangan

Sekarang ini banyak sekali jenis game yang sangat membantu anak dalam mengkoordinasikan antara mata dan tangannya. Salah satunya adalah game bergendre olahraga. Jadi meskipun anak anda bermain game, akan tetapi juga bisa melatih ketangkasannya dan tentunya berguna dalam melakukan aktifitas sehari-hari nantinya.

  1. Melatih aktifitas fisik

Ada banyak banget jenis game yang dalam memainkannya harus menggunakan beberapa aktifitas fisik, seperti menari, bermain gitar dan semacamnya. Oleh sebab itu, disini peran orang tua dalam memilih game yang tepat untuk anak sangat diperlukan.

  1. Mampu meningkatkan kemampuan belajar

Ada beberapa game yang bisa meningkatkan ketrampilan anak dalam menyelesaikan sebuah masalah dan juga membuat suatu keputusan. Dengan begitu ketrampilan kognitif seorang anak akan terus terasah.

  1. Mengurangi rasa stress

Tidak hanya orang tua saja yang mengalami stress, tetapi juga seorang anak juga bisa mengalami stres ketika misalnya setelah seharian belajar. Nah kehadiran game ini sangat membantu sekali untuk menghilangkan stres tersebut.

  1. Belajar kerja tim

Kemunculan game sekarang ini tidak hanya diciptakan untuk senang-senang saja, tetapi juga untuk memberikan edukasi kepada anak-anak salah satunya adalah dengan mengajarkan anak bagaimana cara bekerja secara tim. Dan hal tersebut bisa didapatkan dari bermain game. Ada beberapa game online yang memerlukan kerja sama tim untuk memenangkan suatu permainan. Dengan begitu dampak positif bermain game juga akan didapatkan.

Masih terdapat banyak sekali dampak positif bermain game selain yang diatas diantaranya seperti mengatasi rasa sakit, membuat orang senang, sportifitas dan adil, ketrampilan sosial dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentu diperlukan pengawasan dari orang tua untuk membatasi bermain game seorang anak. Sehingga bisa bermain game diwaktu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *