4 Alasan Pentingnya Custom ROM di Android

Android merupakan sistem operasi smartphone yang sangat popular. Hampir semua orang di dunia menggunakan android sebagai sistem operasi smartphonenya. Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis open source. Dimana open source ini memiliki pengertian sebagai sistem operasi yang kita sebagai pengguna memiliki akses kesistemnya, sehingga kita bisa mengcustom sistem dalamannya.

Ada satu custom yang perlu diketahui para pengguna android yaitu custom ROM, dengan melakukan custom ROM ini kita akan mendapatkan banyak manfaat jika dibandingkan dengan stock ROM bawaan asli android. Bahan untuk custom ROM saat ini sudah banyak bermunculan, seperti misalnya lineage OS Resurrection Remix, AOSP dan lain sebagainya. Namun mungkin beberapa diantara kita sebagai pengguna android belum terlalu mengetahui alasan pakai custom rom itu sebenarnya untuk apa. Nah kali ini saya akan coba memberikan penjelasan mengenai alasan pakai custom rom di android.

1). Bisa Install OS android versi paling Baru

Alasan pakai custom ROM android yang pertama adalah kita bisa merasakan sensasi dari android versi terbaru. Dengan costom ROM, maka kita memiliki akses untuk selalu mengupdate versi dari android yang kita gunakan. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan jika ROM anda masih dalam keadaan STOCK atau bawaan pabrikan.

2). Mampu Menghilangkan Bloatware

Bloadware sendiri adalah aplikasi-aplikasi bawaan dari vendor smartphone yang tidak bisa dihapus kecuali jika anda melakukan root terlebih dahulu. Oleh sebab itu costom rom ini mampu menghilangkan aplikasi-aplikasi bawaan yang tentunya tidak terlalu diperlukan atau dibutuhkan.

3). Kinerja Smartphone Anda Jauh Lebih Baik Dan Cepat

Alasan pakai custom ROM selanjutnya adalah akan membuat performa smartphone jauh lebih baik. Sehingga kinerjanyapun semakin cepat. Performa yang semakin baik ini tentunya hanya bisa didapat ketika anda melakukan custom rom, sebab dengan custom rom, kita mampu mengupgrade dengan sistem operasi versi paling baru. Dengan begitu kinerjanya pun akan semakin diupgrade disesuaikan dengan versinya.

4). Bisa Mengkostum Secara Total Terhadap Smartphone Kita

Ketika kita memakai custom ROM, itu artinya kita melakukan root terhadap sistem operasi kita. Dimana kegiatan root inilah yang menjadikan kita memiliki akses penuh terhadap sistem smartphone kita. Dengan begitu kita bisa mencustom smartphone kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Mungkin itu saja beberapa alasan pakai custom ROM android. Semoga dapat memberikan banyak informasi bermanfaat bagi anda pemakai sistem operasi Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *