Daftar Harga VGA Berbagai Merk dan Tips Membelinya

VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Acceleratory, yang merupakan standar dari tampilan sebuah komputer analog. Walaupun saat ini sudah ada standar baru, tetapi mayoritas pabrikan yang membuat kartu grafis untuk komputer masih mengikuti standar grafis VGA tersebut. VGA Card sendiri memiliki tugas menterjemahkan maupun merubah sinyal-sinyal digital yang ada pada komputer hingga menjadi sebuah tampilan grafis yang terlihat pada layar. VGA Card memiliki beragam jenis dengan harga VGA yang juga bervariasi.

Sebuah kartu VGA akan memegang peranan yang sangat penting pada sebuah komputer atau laptop gaming. Game-game terbaru saat ini menuntut pengolahan grafis 3D yang sangat baik untuk menunjang permainan yang lebih realistis. Selain itu, pengolahan grafis yang baik juga sangat penting untuk sebuah komputer yang digunakan pada berbagai keperluan multimedia, termasuk desain grafis. Di pasaran, kita bisa menemukan harga VGA mulai dari 300ribu rupiah hingga lebih dari 5juta rupiah. Agar tidak salah membeli, informasi harga dan tips membelinya menjadi penting untuk diketahui.

Daftar Harga VGA Card

Saat akan membeli VGA Card, beberapa hal tentu menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah merk. Karena tidak dapat disangkal, merk-merk papan atas mampu menjual produk dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Walaupun demikian, persaingan harga VGA 2017 juga semakin ketat. Sehingga kita harus benar-benar jeli memilih produsen VGA Card dan merk graphic chipset yang mampu memberikan harga paling sesuai dengan kemampuan. Adapun merk dan harga dari VGA tersebut adalah:

  1. Asus Nvidia

Produk-produk Asus memang tidak bisa diremehkan lagi kemampuannya. Apalagi dengan mengusung teknologi graphic chipset dari Nvidia, Asus mampu menghadirkan VGA Card yang memiliki performa tinggi. Game-game HD yang berat dapat dijalankan dengan mulus dan lancar. Harga VGA Card Nvidia besutan Asus ini bervariasi, mulai dari 460ribu untuk Asus Nvidia GeForce GT210 dan 970ribu rupiah untuk Asus Nvidia GeForce GT730. Untuk performa yang lebih tinggi, kita bisa memilih tipe GTX750TI yang memiliki harga 1,8juta atau GTX950 yang memiliki harga VGA 2,2juta rupiah.

  1. Leadtek Nvidia

Sebagai produsen kelas dunia, Leadtek selalu mampu menghadirkan produk kartu grafis dengan kinerja tinggi serta visualisasi canggih. Bersama GPUNvidia, Leadtek berusaha memenuhi kebutuhan para gamer maupun professional untuk melakukan berbagai tugas berat yang membutuhkan kecepatan kerja tinggi. Dengan kemampuan tersebut, tidak heran jika harga VGA Nvidia untuk game berat dari Leadtek ini juga tidak main-main. Leadtek Nvidia Quadro [K620] memiliki harga 4,3jutaan, sementara Quadro [NVS315] harganya 2,7jutaan dan Quadro [K420] memiliki harga VGA 3jutaan rupiah.

  1. Gigabyte Nvidia

Gigabyte telah menjadi produsen grafis yang terbukti mampu menghadirkan produk-produk berkemampuan tinggi. Kecepatan dan daya tahan VGA Card yang dimilikinya tidak perlu diragukan lagi. Bersama Nvidia, Gigabyte telah menghasilkan produk-produk yang bisa dijual dengan harga terjangkau. Misalnya saja Gigabyte Nvidia GT730 yang dijual dengan harga 950ribu rupiah. Ada juga Gigabyte Nvidia GT710 yang harganya 550ribu dan GT420 yang memiliki harga VGA 760ribu rupiah.

  1. Sapphire AMD

Sapphire menjadi salah satu pabrikan grafis yang mampu menghasilkan kinerja VGA sangat mumpuni untuk berbagai game berat. Harga VGA yang relatif terjangkau juga ditawarkan untuk berbagai produk yang menggunakan graphic chipset dari AMD Rodeon tersebut. Salah satu produknya adalah Sapphire HD7730 yang memiliki kapasitas 2GB. Harga dari VGA ini adalah 860ribu rupiah. Produk lainnya adalah Sapphire R5 230 berkapasitas 1GB. Harga VGA gaming murah ini hanya 460juta rupiah.

AMD serta Nvidia masih menjadi penyediagraphic chipset yang paling utama untuk merk-merk VGA Card ternama. Keduanya memang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Radeon menjadi produk unggulan dari AMD, sedangkan Nvidia mengunggulkan GeForce. Harga VGAdari AMD maupun Nvidia juga selalu terlihat bersaing mengikuti tuntutan pasar. Walaupun demikian, keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang perlu dicermati saat kita hendak membeli VGA. (Baca juga Daftar harga VGA lengkap )

Tips Membeli VGA Card

Ketika hendak membeli sebuah VGA Card, beberapa hal harus diperhatikan dengan cermat. Selain harga VGA, merk dari graphic card juga menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Merk-merk terkenal umumnya memang memiliki performa dan daya tahan atau tingkat keawetan yang terbukti lebih baik. Komponen-komponen yang digunakan juga memiliki kualitas yang lebih teruji. Tetapi tidak hanya itu, beberapa hal juga harus menjadi perhatian saat akan membeli VGA dari merk manapun. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Core speed

Saat hendak membeli VGA, kita perlu mengecek harga VGA serta spesifikasi yang dimilikinya. Salah satu spesifikasi yang tidak boleh terlewatkan adalah Core Speed atau Speed VGA. Core Speed merupakan satuan kecepatan untuk VGA yang dilambangkan dengan MHz. Kecepatan Core Speed ini akan sangat dipengaruhi oleh GPU yang dimiliki. Selain itu terdapat juga Turbo Speed yang akan sangat berpengaruh pada peningkatan kecepatan dari VGA tersebut.

  1. Memori

Dalam VGA juga terdapat memori. Ada beberapa tipe berbeda dari memori, yang diantaranya adalah DDR2, serta DDR3. Untuk saat ini tipe terbaik yang layak jadi pilihan adalah GDDR5. Tipe memori ini akan sangat menunjang transfer data yang terjadi antara motherboard dan VGA itu sendiri. Sedangkan untuk kapasitas memori, sebaiknya dipilih yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Hal ini dikarenakan memori VGA bekerja seperti RAM, yang tidak akan melakukan penyimpanan secara permanen. 2GB menjadi kapasitas yang banyak disarankan.

  1. Jalur data dan Port VGA

Saat hendak memilih produk dengan harga VGA tertentu, sebaiknya kita juga memeriksa jalur data atau Bit yang dimiliki. Jalur data ini akan menentukan kelancaran proses unit dari VGA. Besarnya jalur unit yang biasanya dimiliki sebuah VGA adalah 128bit. Selain itu, terdapat juga Port VGA yang menjadi konektor ke layar komputer. Terdapat beberapa pilihan Port, yaitu Port DVI, D-SUB serta Port HDMI. Kita sebaiknya memilih Port HDMI yang bisa terkoneksi ke layar LCD maupun LED.

  1. Direct X

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat hendak membeli VGA adalah Direct X atau Direct 3D yang dimiliki. Direct X ini merupakan kumpulan API yang akan menangani tugas-tugas pemrograman multimedia, termasuk untuk memainkan game. Terdapat beberapa tipe Direct 3D, yaitu DirectX 9 dan DirectX 10 serta DirecX 11. Sebaiknya kita memilih VGA dengan DirectX 11, karena tipe ini adalah yang paling mutakhir.

Saat hendak membeli VGA, kita juga harus melihat spesifikasi dari motherboard yang dimiliki. Karena tidak semua motherboard mampu support dengan beberapa merk GPU, termasuk AMD atau Nvidia sekalipun. Selain itu, perhatikan juga soket yang ada pada motherboard, apakah mampu mendukung kinerja cepat dari VGA yang dimiliki atau tidak. Karena jika tidak, tentu akan sangat percuma mengeluarkan biaya besar untuk harga VGA yang mahal, jika kinerja yang dihasilkan tetap tidak bisa maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *