Alasan Investasi Masa Muda itu Penting

Zaman sekarang anak mudah masih jarang memikirkan investasi. Padahal, manfaatnya sangat besar apabila dijalankan dengan sungguh – sungguh. Investasi yang di mulai saat usia muda itu sangat menguntungkan karena anak muda memiliki pekerjaan yang belum mempunyai tanggungan dan kebutuhannya masih sedikit. Kalangan muda pada usia 20 tahunan bisa memulai investasi masa muda dengan memilihi jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan ekonominya. Bahkan hanya dengan modal Rp 100.000, anda sudah bisa berinvestasi, investasi itu harus selalu dimulai dengan modal besar walaupun dapat ditepiskan. Usia muda adalah masa – masa produktif sehingga masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan asset. Bahkan seorang Warren Buffet, sudah memulai invstadi di usia yang masih belia yaitu saat berusia 11 tahun.

Alasan untuk berinvestasi sangat bervariasi, dan bagi anak muda investasi sangat berguna untuk harta karun di masa tua dan untuk menghadapi apabila terjadi ketidak pastian di masa depan. Tentu kita tidak pernah tahu sampai kapan kita akan aktif bekerja dan dapat mengumpulkan uang. Dan belum tentu semua orang dapat bekerja hingga masa pension tiba nantinya. Investasi masa muda adalah salah satu penangkal untuk menghadapi masa paceklik di masa tua.

Keuntungan dari investasi masa muda sebagai berikut :

1. Keuntungan semakin besar
Semakin dini anda memulai sebuah investasi maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda peroleh. Anda yang memulai investasi di usia 20 tahunan tentu memiliki hasil yang berbeda dengaan mereka yang memulai investasi di usia 30 tahunan. Mereka yang sudah berinventasi di usia produktf ini memiliki benyak waktu untuk belajar dalam mengembangkaan investasinya. Sehingga ketikaa mengalami kesalahan, mereka bisa mengganti jenis investasi sesuai dengaan kemampuan ekonomi dan memiliki banyak waktu untuk belajar lagi. Dan saat gagal pun, anda masih mempunyai kesempatan untuk mempelajari karakter produk investasi. Akan tetapi, apabila anda telah menemukan investasi yang tepat, maka anda dapat mengelolanya secara benar dan secara perlahan investasi itu akan berkembang serta berpotensi menghasilkaan kekayaan berlipat di masa depaan.

2. Mendisiplinkan diri sendiri
Dunia hiburan erat hubungan dengan usia muda. Anda yang memiliki penghasilan sendiri membaut sangat mudah mengeluarkan uang untuk hal – hal yang bersifat menghibur diri dan dapat menyenangkan hati. Anda yang memulai berinvestasi maka kebiasaan untuk menghamburkan uang hanya untuk sekadar bergaya hidup yang mewah dan membeli barang – barang yang kurang berguna lama kelamaan akan hilang. Daripada membeli sepatu atau tas branded dengan jutaan rupiah, lebih baik uangnya dialokasikan untuk membeli beberapa gram rmas, reksadana atau saham. Dengan begitu anda akan memperoleh keuntungan setiap bulannya.

3. Penyelamat di masa depan
Masa depan anda juga akan semakin cerah apabila anda berinvestasi di masa muda. Dengan berinvestasi, modal anda akan terus berputar sehingga akan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Dan ketika kerja anda sudah tidak produktif lagi, maka investasi dapat menyelamatkan kondisi financial anda.

Tidak hanya itu, investasi masa muda juga dapat mewujudkan impian jangka panjang anda. Bagi anda yang ingin mempunyai mobil, bagus sekali untuk ikut investasi. Selain terbilang produktif, anda juga belum memikirkan hutang di sana – sini dan masih belum memiliki tanggungan. Salah satu alasan investasi akan membantu anda untuk mewujudkan tujuan dan impian di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *