Manfaat yang Didapat dengan Menggunakan Kipas Laptop USB

Usia laptop tak hanya dari segi merk atau brand yang membawanya saja, melainkan juga ditentukan dari bagaimana cara Anda menggunakan. Tak jarang diantara produk-produk mahal dari brand ternama yang cepat rusak, bukan tanpa alasan namun karena penggunanya sendiri yang tidak melakukan perawatan secara tepat. Digunakan dalam jangka waktu yang lama untuk gaming tanpa istirahat, sehingga membuat mesin juga kian mudah panas bahkan over head. Itulah mengapa setiap pembelian produk baru pastinya Anda akan dibekali dengan kipas USB .

Produk yang satu ini hadir untuk menunjang penggunaan laptop yang lama, sehingga tak terlalu membebani kinerja dari kipas bagian dalam. Kipas bagian dalam berfungsi untuk mendinginkan mesin laptop. Namun jika terlalu sering digunakan dan diforsir tenaganya, secara otomatis tentunya akan mengalami kerusakan. Jika kipas bagian dalamnya sudah mati maka penggunaan Anda juga jadi semakin terbatas, hanya dalam beberapa menit saja terkadang laptop akan mati dengan sendirinya karena suhu overhead namun tak bisa diturunkan.

Ada beberapa ciri bagian kipas dalamnya mati, diantaranya adalah suaranya yang kian berisik, menunjukkan bahwa kipas tersebut sudah tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya kembali. Lama kelamaan suara akan semakin berisik dan mati, sehingga laptop juga overhead. Pada masa ini bukan hanya kipas saja yang rentan mengalami kerusakan, melainkan juga bagian yang lebih vital seperti Ram hingga bagian motherboard. Itulah mengapa sebelum terjadi masalah seperti ini maka ada baiknya bagi Anda untuk mulai menjaganya dari sekarang. Diantaranya dengan rajin memasangkan kipas laptop USB, adapun beberapa fungsi dari alat yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Membantu menjaga suhu laptop tetap dalam kondisi yang normal, terkadang kinerja dari kipas bagian dalam saja tak cukup untuk menjaga suhu laptop, khususnya mesin dalam kondisi stabil, namun dengan adanya kipas luar ini atau yang dikenal dengan nama cooling pad, kinerja dari kipas bagian dalam bisa lebih ringan, suhu laptop kian normal.
  2. Bisa digunakan sebagai aksesoris, selain fungsinya yang dapat mendinginkan laptop manfaat lain yang ditawarkan oleh alat satu ini juga sebagai aksesoris, beberapa diantaranya bekerja dengan tambahan lampu warna-warni yang akan menyala jika Anda hubungkan dengan USB nya. Sehingga terlihat lebih elegan.
  3. Membantu mengalirkan suhu panas dari laptop keluar, biasanya dalam penggunaan yang terlalu lama, selain bagian laptop yang panas juga ada pancaran radiasi dari laptop tersebut dalam bentuk udara panas, bukan hanya berbahaya bagi gadget nya saja, melainkan juga Anda yang terlalu lama menggunakan alat tersebut. Radiasi tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Dengan adanya kipas ini membantu dalam mengalirkan udara panas ke bagian luar, sehingga tidak mengenai penggunanya.
  4. Cooling pad bisa membantu kinerja dari kipas bagian dalam yang sudah mulai rusak, seperti yang diketahui ada beberapa gejala kerusakan pada bagian dalam laptop jika terlalu sering digunakan, salah satunya adalah suara yang berisik hingga terkadang mati total, saat terjadi masalah ini maka kinerjanya akan sangat terbantu dengan adanya cooling pad ini, karena pendinginan suhu mesin juga bisa dilakukan dari bagian luar.

Harga kipas laptop USB ini sangat terjangkau, hanya sekitar 50 ribu rupiah saja, namun untuk kualitas yang lebih juga ada yang harganya lebih mahal, hingga 300an ribu rupiah. Bisa sesuaikan dengan keuangan Anda sebelum membelinya, pilih yang terbaik untuk membantu menjaga laptop tetap awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *