Review dan Harga Hardisk Eksternal Lengkap 2017

Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat membawa perkembangan pula pada komponen-komponen teknologi pembantu yang dibutuhkan. Salah satunya adalah penyimpanan data. Biasanya, laptop ataupun personal computer memang telah dibekali dengan memori atau penyimpanan data internal. Akan tetapi penyimpanan internal ini cenderung tidak cukup. Untuk mengantisipasinya dibutuhkanlah hardisk eksternal. Bagi Anda yang penasaran dengan detail mengenai penyimpanan eksternal ini, artikel berikut akan membantu Anda.

Pengertian Hardisk Eksternal

Hardisk eksternal adalah komponen perangkat keras (bukan program atau aplikasi komputer yang bertujuan sebagai tempat penyimpanan data. Perangkat ini dibutuhkan karena beberapa alasan, sebagai berikut.

  1. Harga lebih murah

Sebenarnya setiap laptop atau personal computer Anda sudah dibekali dengan memori penyimpanan internal atau yang disebut hardisk internal. Akan tetapi besarannya terbatas. Beberapa keluaran terbaru sudah ada yang mencapai 1 TB, akan tetapi yang sebelumnya biasanya hanya sampai ke 500 GB. Harga hardisk internal biasanya mahal, jadi akan lebih baik untuk membeli hardisk eksternal dibandingkan dengan meng-upgrade memori internal laptop Anda.

  1. Kapasitas penyimpanan hardisk eksternal besar

Tidak seperti hardisk internal yang biasanya mencapai 1 TB saja dan itu pun sudah dibandrol dengan harga yang tinggi, kita dapat menggolongkan hardisk tipe eksternal ini dengan kategori  cukup murah karena ada banyak seri yang menjual 1 TB di bawah satu juta rupiah. Dengan kapasitas yang besar Anda bisa dengan mudah menyimpan data, terutama foto, video, music favorit dan koleksi film yang biasanya memakan memori yang besar.

  1. Mudah dalam proses pemindahan

Hardisk eksternal merupakan perangkat luar yang dapat dipindah dan dibawa kemana saja. Ukurannya memang lebih besar dari flashdisk, tapi tetap sangat mobile untuk dibawa. Dengan demikian, kita dapat melakukan transfer data kapan saja dan dimana saja hanya dengan mengaitkan kabel konektornya ke komputer atau laptop yang diinginkan. Bahkan beberapa perangkat gadget seperti tab, juga ada yang dibekali dengan port USB yang mendukung transfer dengan flashdisk dan karenanya bisa juga untuk hardisk eksternal.

  1. Berguna untuk back up data

Kadang kala kita memiliki data yang benar-benar penting sehingga sangat perlu untuk melakukan penyimpanan ganda. Selain sudah menyimpan di personal notebook, Anda merasa perlu juga untuk melakukan back up dengan menyimpannya di hardisk eksternal. Fungsi ini sangat penting untuk memastikan data penting Anda terjaga dengan baik.

Sejarah kemunculan Hardisk Eksternal

Hardisk eksternal ini muncul setelah adanya permintaan pasar terkait dengan ketidakcukupan fasilitas yang diberikan hardisk yang sifatnya internal. Sebelum membahas eksternal lebih lanjut, cermati dulu beberapa tipe hardisk yang biasa digunakan secara internal dalam PC sebagai berikut.

Terkait dengan tipenya, hardisk internal memiliki jenis berbeda yang disesuaikan dengan cara kerjanya. Tipe-tipe tersebut meliputi hal-hal berikut ini.

  1. Disk ATA/EIDE

Disk ATA memiliki interface yang sesuai dengan koneksi pada port. Dengan demikian, hardisk ini dapat dihubungkan dengan lebih dari satu personal computer. Tipe ini memiliki keunggulan dari segi harganya yang murah sehingga sangat lumrah digunakan. Adapun kelemahannya disebabkan karena memerlukan controller terpisah apabila digunakan pada dua driver. Untuk mengantisipasinya, beberapa produsen hardisk eksternal sudah berupaya menyertakan controller pada chip sehingga sistem ATA ini bisa langsung terhubung dengan motherboard.

  1. Disk SCSI

Disk SCSI memiliki desain interface yang dapat membuatnya terkoneksi dengan port standar.  Dari segi performa, ia lebih baik dari tipe ATA karena memungkinkan interface aktif bersamaan ketika saling dihubungkan. Akan tetapi, disk tipe SCSI ini memang dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal.

  1. DISK RAID

Tipe ini memiliki performa yang lebih baik dari tipe sebelumnya. Selain itu memori penyimpanannya juga besar. Anda juga tak perlu ragu untuk menggunakannya karena ia memiliki kualitas yang tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Disk SATA

Tipe SATA yang dimaksud adalah kependekan dari Serial Advance Technology Attachment. Hardisk eksternal ini memiliki kabel yang lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan tipe lainnya. Meskipun demikian, kecepatan transfernya sangat tinggi. Hal ini berarti ketika digunakan untuk mengirim data, prosesnya akan cepat.

Setelah mengetahui kegunaan hardisk, beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana awalnya sebuah hardisk ditemukan. Sebenarnya sejarah hardisk eksternal dimulai sekitaran tahun 1956 ketika IBM mulai mengembangkan cakram. Cakram ini berukuran sangat besar, ukurannya sekarang mungkin mirip kulkas dan mesin cuci akan tetapi memori penyimpanannya baru sebatas 300 MB. Lama kelamaan, perangkat ini terus dikembangkan hingga akhirnya harganya yang mahal juga dapat ditekan dan mulai dapat digunakan untuk berbagai kepentingan pribadi.

Cakram ini memiliki sebuah poros yang berfungsi untuk menjaga piringan non-magnetis agar dapat berputar dengan baik. Piringan ini adalah tempat menyimpan data. Pembacaan informasi pada piringan dilakukan dengan alat pembacaan tulisan yang bekerja di bagian atas piringan. Pada cakram model lama, kecepatan baca tulisan selalu konstan. Sementara itu di cakram model baru, kecepatan baca selalu meningkat sehingga data yang tersimpan juga semakin banyak.

Selain itu itu, besaran memorinya pun meningkat dari yang hanya 300 MB jadi sudah bisa mencapai 4 TB saat ini. Tidak hanya itu, ukurannya yang sebesar mesin cuci sekarang sudah bisa dikondisikan hingga mudah dibawa-bawa dengan tangan. Sementara itu, kecepatan dalam mentransfer data juga semakin banyak meningkat. Merk hardisk eksternal terbaik saat ini menggunakan teknologi USB yang ekstra cepat untuk memindahkan data. Terkait dengan kepentingan penggunaan hardisk eksternal juga mengalami perubahan, tidak hanya kepentingan pekerjaan tapi juga menyimpan media hiburan.

Banyak perusahaan multinasional yang membidik pangsa persaingan hardisk eksternal karena dari hari ke hari kebutuhan akan penyimpanan data skala besar dengan kualitas prima semakin meningkat. Beberapa yang terkenal adalah hardisk eksternal Toshiba, WD, Seagate, dan Samsung. Masing-masing tentunya mengeluarkan aneka harga dan spesifikasi yang berbeda untuk hardisk luarannya. Berikut kami sampaikan beberapa jenis yang dapat Anda pertimbangkan.

Jika Anda mencari harga hardisk eksternal murah di bawah satu juta, ada tipe dari Toshiba, misalnya Toshiba Canvio 500 GB yang dibandrol dengan harga Rp 590.000,00. Tipe lain dengan harga tak jauh berbeda adalah WD elements dan Seagate. Keduanya juga memiliki kapasitas memori 500 GB dan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 700.000,00. Untuk memori 1 GB, harga yang paling murah yang dapat Anda pertimbangkan adalah Seagate Backup Plus Slim yang dijual dengan harga Rp 800.000,00.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan hardisk eksternal yang dapat kami ulas untuk Anda. Sebelum membeli cek tempat jual hardisk eksternal murah dengan berselancar di dunia maya dan bandingkan harganya. Pembelian secara online memang sering kali memberikan tawaran harga yang lebih murah. Tapi jika Anda ragu, lakukan proses pertimbangan online dimana Anda mencari tahu harga hardisk yang dijual secara online dan kemudian membandingkannya dengan toko offline terdekat. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *