5 Cara Mengoptimalkan RAM di Smartphone

Cara mengatasi penggunaan Ram pada smartphone sebenarnya sama saha dengan komputer. Sebab sebuah computer ataupun PC tentu selalu menggunakan RAM dalam menjalankan kinerjanya. Pun demikian dengan kinerja pada handphone pintar yang juga menggunakan RAM untuk mengoptimalkan kinerjanya. Bahkan tak jarang adanya smartphone yang mempunyai sedikit RAM membuat penggunanya sering merasa seperti bermain dengan siput yang lambat.

Keadaan seperti ini sering membuat pengguna smartphone, salah satunya kamu merasa perangkat smartphone kamu berjalan lamban dan berat. Atau bahkan hal yang fatal sekalipun seperti smartphone yang ngehang disaat kita sedang menggunakannya untuk hal yang sangat penting.

Penuhnya RAM smartphone kamu akan berefek pada lambatnya kerja smartphone. Oleh karena itu, penulis mau memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan Ram smartphone kamu, sebagai berikut:

  • Hapuslah aplikasi yang tidak perlu atau tidak sedang digunakan

Banyaknya aplikasi yang terisntal didalam smartphone kamu, tentu menjadikan RAM Anda penuh. Selain itu, juga memperlambat kerja smartphone. Langkah ini diterapkan untuk menghilangkan aplikasi yang benar-benar tidak digunakan dan tidak berguna sekalipun. Untuk menjalankan hal ini, kunjungi panel setting kemusian pilih bagian Apps pilih running. Pada panel running ini kamu bisa menemukan beberapa aplikasi yang sedang digunakan. Untuk menonaktifkannya cukup dengan mengeklik icon close.

  • Gunakanlah aplikasi XBooster

Nama awal dari aplikasi ini adalah Boost My Eksperia, yang dikembangkan oleh seorang member forum xda yang berusername gagan u20. Akan tetapi, di zaman ini aplikasi ini sudah banyak digunakan untuk banyak tipe dan merk dari smartphone dipasaran. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk memboosting RAM, yang hampir sama dengan cara kerja aplikasitask killer akan tetapi lebih bagus pada performanya.

  • Hapus aplikasi yang menggunakan RAM besar

Jika memang ada salah satu atau dua aplikasi yang berukuran besar dan memakan banyak space pada RAM, alangkah baiknya untuk dihapus. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi beban pada RAM smartphone kamu dan untuk menambah kinerja smartphonemu.

  • Gunakan aplikasi RAM manager

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kerja RAM pada smartphone. Salah satunya adalah RAM manager yang tersedi secara gratis di google play store dan bisa didownload secara percuma. RAM manager ini berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk menejemen RAM android sesuai dengan kebutuhan. Profil tersebut diantaranya adalah more free memory untuk memori yang tersedia dan bebas adalah banyak, balance for everyday biasa digunakan untuk kestabilan penggunaan setiap harinya, multitasking mode untuk mode berat, dan mode hard gaming untuk penggunaan game berat. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Lakukanlah upgrade RAM smartphone

Upgrade RAM ini, ditujukan untuk menambah jumlah ruang kosong pada RAM. Untuk hal itu, sebaiknya dan seharusnya kamu tahu motherboard yang kamu miliki, hingga berapa memori maksimal Channel yang disupport. Selain itu, kamu juga harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh smartphone kamu. Sehingga kinerja smartphone kamu makin cepat.
Itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi penggunaan RAM yang bisa kamu terapkan di smartphone kamu. yang perlu kamu ingat, Ram dalam smartphone memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda dengan komputer. Ram pada smartphone lebih mudah untuk menyesuaiakan dengan kondisi aplikasi dan lebih mudah dikelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *