Inilah Keuntungan Konsolidasi Data Center

Konsolidasi data center atau juga sering disebut dengan konsolidasi infrastruktur IT merupakan sebuah strategi yang dilakukan dalam rangka mengurangi jumlah server yang digunakan Dalam menghadapi perubahan, perusahaan perlu meninjau ulang penggunaan server mereka menghapus beberapa legacy server atau melakukan virtualisasi.

Teknologi konsolidasi yang sampai saat ini paling sering dimanfaatkan untuk pembaharuan server lama pada layanan data center adalah virtualisasi, virtualisasi server, cloud computing, dan menubah mainframe dengan server blade yang ukurannya lebih kecil. Dengan demikian, ruang colocation data center akan lebih hemat dan memberikan kepadatan untuk sebuah rack.

Sebenarnya, konsolidasi data center adalah hal yang umum dilakukan oleh organisasi yang berniat untuk mengurangi jumlah penggunaan ruang data center terhadap infrastruktur IT yang diperlukan sekaligus dapat menghemat biaya operasional. data center saat ini juga sudah menawarkan layanan konsolidasi bagi para klien mereka.

Kapan Perusahaan Perlu Konsolidasi Data Center

Jika kebutuhan listrik data center perusahaan Anda semakin meningkat, masih menggunakan server lama, lisensi berlebihan, ketiga hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa Anda perlu melakukan konsolidasi data center. Selain itu, konsolidasi juga perlu dilakukan jika perusahaan Anda menghadapi tantangan seperti berikut:

               Biaya operasional jauh lebih tinggi

               Kebutuhan investasi perangkat cukup tinggi

               Operasional IT semakin lambat merespon sistem

               Sering terjadi kegagalan sistem atau peningkatan downtime dengan intensitas sering meskipun hanya dalam hitungan detik.

               Sistem sudah tidak dapat diandalkan

Konsolidasi server di fasilitas datacenter menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghemat biaya operasional sekaligus untuk meningkatkan layanan IT. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika melakukan konsolidasi data center

               Penghematan belanja hardware dan biaya operasional hingga 50%

               Server baru yang lebih cepat hingga 70% dari server lama

               Penghematan konsumsi energi dan biaya listrik hingga 80%

               Downtime lebih sedikit

               Lebih handal saat menghadapi bencana IT atau bencana alam

Dengan melihat banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh konsolidasi data center, tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang melakukan langkah tersebut. Semua keuntungan tersebut tentunya dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *