D-Link DWA-125 Wireless 150 USB Adapter, Koneksi WiFi Fleksibel untuk PC

Saat ini sudah biasa bagi kantor atau bahkan rumah memiliki jaringan WiFi untuk terkoneksi dengan internet agar lebih fleksibel. Tentunya untuk perangkat seperti notebook, smartphone atau tablet dapat terkoneksi ke jaringan WiFi dengan mudah, tetapi bagaimana dengan PC?

Anda memang dapat menggunakan WiFi card yang dipasangkan di slot PCI. Tetapi tentunya solusi tersebut bisa dibilang permanen. Bila Anda mencari perangkat yang lebih fleksibel dan dapat digunakan di beberapa PC secara cepat, maka gunakan saja WiFi adapter dengan interface USB. Salah satunya adalah D-Link DWA-125 Wireless 150 USB Adapter.

Baca juga : Ini Dia 8 Fakta Tentang Tongsis Yang Perlu Anda Ketahui

Desain dan Antarmuka/User Interface

Dilihat dari bentuk fisiknya, tidak berbeda dengan USB flashdisk hanya saja lebih besar. Bagian atas bodinya terdapat LED indikator dan tombol untuk refresh jaringan. Bagian sampingnya terdapat kisi-kisi untuk melepas panas. Cara penggunaannya pun mudah, cukup hubungkan adapter ke port USB lalu instal drivernya. Instalasinya cukup mudah dan langsung terhubung dengan jaringan WiFi. Lalu bagaimana dengan sinyalnya? PC yang digunakan berjarak 5 meter dari hotspot dan terhalang oleh tembok tebal karena berbeda ruangan. Kekuatan sinyal yang didapatkan adalah 59% dan hal tersebut tidak masalah karena ternyata tidak berpengaruh pada kecepatan internet.

Di dalam CD instalasi juga terdapat aplikasi bernama Manager Wireless Connection yang dapat menyimpan pengaturan untuk jaringan WiFi sehingga Anda tidak perlu melakukan pengaturan setiap kali menghubungkan adapter dengan PC.

Baca juga : Solusi Peredam Panas Notebook Dengan Fan Besar

Bila sinyal WiFi yang didapatkan tidak terlalu baik karena misalnya Anda menempatkan adapter di port USB belakang casing, gunakan saja cradle yang tersedia di paket penjualan. Cukup hubungkan WiFi adapter dengan cradle lalu posisikan cradle di tempat yang lebih mudah untuk menerima sinyat.

Spesifikasi D-Link DWA-125 Wireless 150 USB Adapter

Data Rates: 150Mbps | Enkripsi WiFi Protected Access (WPA, WPA2) & WiFi Protected Setup (WPS): Push Button |¬†Frekuensi Operasi : 2.4 GHz | Standar Protokol : IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.3 dan IEEE 802.3u | Dimensi : 1.5″ x 3.5″ x 0 5″ | Berat : 0.4 kg

Harga D-Link DWA-125 Wireless 150 USB Adapter

Adapter WiFi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 210.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *