Cara Atur “Other storage” pada iPhone dan iPad

Hubungkan iPhone, iPad Touch, atau iPod ke komputer anda, dan buka iTunes, anda akan melihat sejumlah besar ruang yang digunakan oleh “Other storage”. iTunes tidak akan membiarkan anda menghapus semua data “lain” ini untuk membebaskan ruang. Penyimpanan lainnya hanya jenis data yang iTunes tidak dapat menampilkan dan mengelola untuk anda. Anda dapat membebaskan ruang ini dengan meninggalkan iTunes dan mengelola penyimpanan langsung pada perangkat anda.

 

Lihat “Other Storage” Anda

Untuk melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh “Other storage”, hubungkan perangkat anda ke PC Windows atau Mac menggunakan kabel yang disertakan dan membuka iTunes. Klik nama perangkat di iTunes dan melihat bagian bawah window.

Tunggu iTunes untuk memindai perangkat penyimpanan anda, dan kemudian gerakkan mouse ke bagian oranye dari bar. iTunes akan menampilkan berapa banyak ruang yang digunakan oleh “Other storage”.

Baca juga : Gunakan DNScrypt, Cara Aman Browsing Internet

Apa itu “Other storage”

iTunes menunjukkan beberapa kategori yang berbeda dari data pada bar di bagian atas jendela tersebut. Ini termasuk Apps, Music, Film, TV Shows, Podcast, Book, dan Foto. Klik salah satu kategori ini untuk melihat apa yang menggunakan ruang dan mengelola data. Sebagai contoh, klik Apps untuk melihat aplikasi pada perangkat anda dan berapa banyak ruang yang setiap kali mereka gunakan. anda dapat menghapus aplikasi dari sini untuk membebaskan ruang.

“Other storage” hanya mencakup segala sesuatu yang tidak sesuai dengan iTunes, kategori yang sudah ada sebelumnya. Ini mencakup data masing-masing aplikasi yang di-download, cache browser Safari anda, cache aplikasi Mail, email-download dan lampiran, halaman untuk daftar bacaan Safari, catatan, memo suara, file backup, dan mungkin bahkan file yang tersisa dari jail breaking perangkat anda .

iTunes tidak mengerti apa itu “Other storage”. Ini tidak akan membantu anda keluarkan untuk membebaskan ruang, atau bahkan menunjukkan dengan tepat apa bit data lainnya pada perangkat anda.

Baca juga : Pantau Kinerja PC dengan Sysinternals Process

Membebaskan Other Storage

Anda dapat membeli aplikasi berbayar yang akan membantu anda membersihkan penyimpanan ini, tetapi ini tidak benar-benar diperlukan. Membebaskan ruang pada iPhone atau iPad akan membantu anda membebaskan “Other storage” anda.

Buka aplikasi “Settings”, tekan General, dan tekan Usage, lihat berapa banyak ruang yang digunakan masing-masing aplikasi. Cari aplikasi yang menggunakan sejumlah besar Dokumen & Chace. iOS tidak membiarkan anda menghapus Dokumen & Data. Dari sini, anda dapat membuka aplikasi dan mencari pengaturan yang membersihkan cache secara offline atau uninstall aplikasi dan instal ulang untuk membebaskan ruang ini.

Data penjelajahan Safari dapat menggunakan sedikit ruang. Ketuk Safari pada layar Usage dan menggunakan pilihan di sini untuk membersihkan file cache Safari, membaca daftar, dan history. Ini semua muncul sebagai “Other storage” di iTunes.

Anda juga mungkin ingin menghapus akun email anda dan perangkat anda dan kembali menambahkannya. Ini akan menghapus pesan dan lampiran email dari cache lokal anda, tetapi mereka masih akan tersedia secara online. Buka Settings > Mail, Contact, Calendar, ketuk Account, dan ketuk Delete Akun untuk menghapusnya. Lalu menambahkan lagi account dari sini sesudahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *