Tips Kenali Alergi Anak dengan Cermat dan Cerdas

Alergi sebenarnya adalah reaksi imun tubuh yang abnormal terhadap suatu zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Zat penyebab alergi tersebut dinamakan allergen dan jenisnya berbeda-beda pada tiap penderita. Langkah untuk kenali alergi adalah dengan menemukan zat allergen tersebut. Hal ini adalah satu-satunya jalan agar gejala alergi tidak terus menerus datang pada saat terjadi kontak atau konsumsi zat-zat tersebut.

Alergi pada anak lebih sulit dikenali karena anak kurang dapat berekspresi. Pada saat ditanya oleh tenaga kesehatan, mungkin dia hanya akan menjawab seputar keluhan-keluhan yang ia rasakan tanpa menyebutkan hal yang terjadi sebelum gejala-gejala tersebut datang. Hal itulah yang membuat banyak kasus alergi hanya diobati gejalanya saja tanpa diketahui penyebabnya. Jika suatu saat terjadi kontak kembali dengan zat allergen, gejala dapat timbul kembali dan begitu seterusnya.

Namun jika Anda adalah orang tua yang jeli, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali apakah ada tanda-tanda alergi pada putra-putri Anda. Beberapa cara diantaranya adalah:

  1. Apabila ada gejala di sistem pencernaan yang timbul setiap kali anak Anda mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang sering menyebabkan alergi seperti susu, kacang-kacangan, makanan laut dan coklat, maka cobalah untuk tidak memberinya makanan tersebut, kemudian coba lagi setelah beberapa minggu. Jika gejala muncul kembali maka anak Anda beresiko mengidap alergi.
  2. Melakukan tes di klinik atau rumah sakit dengan cara menyuntikkan sebagian zat allergen ke dalam kulit. Jika terjadi pembengkakan pada kulit, maka kemungkinan anak Anda tidak tahan dengan zat yang disuntikkan tadi.
  3. Pada bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif sehingga memerlukan susu pendamping, maka lakukan tes alergi susu sapi padanya. Konsultasikan dengan dokter anak susu pengganti apa yang sesuai untuk bayi Anda.

Jadi mengenal alergi sejak dini terutama pada kasus alergi susu sapi sangat diperlukan karena bayi tidak dapat memakan sembarang makanan di usianya. Jika bayi Anda positif mengidap alergi susu sapi maka penggantian basis susu sapi menjadi susu protein kedelai seperti susu SGM Soya sangat dianjurkan untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *