Pantau Kinerja PC dengan Sysinternals Process

Mungkin Anda tidak terbiasa dengan utility Sysinternals Process Explorer untuk melihat kinerja sistem komputer. Biasanya sistem bisa mudah dilihat dengan fitur Task Manager, padahal dengan utility Sysinternals Process Explorer, Anda bisa melihat kinerja sistem lebih lengkap dibanding Task Manager.

Dengan utility tadi Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak termasuk kelompok handle key yang terdapat pada sistem registry, file yang sedang aktif (terbuka) termasuk file .dll. Dari sini Anda bisa menggantikan task manager dengan Process Explorer melalui menu Options.

Anda membuka Process Explorer secara langsung dari menu Options, maka akan ditampilkan satu jendela khusus Process Explorer. Dari situ Anda bisa melihat secara detail kinerja sistem, file-file mana saja yang aktif termasuk key registry mana saja yang sedang diproses, serta aplikasi apa saja yang sedang bekerja.

Baca juga : Cara Akses Akun Email POP3 di Windows 8

Bila Anda mengklik sebuah grafik kecil yang terdapat diatas, atau menekan kombinasi tombol Ctrl+I, maka akan muncul dialog box dari System Information. Bila Anda menggerakkan cursor mouse ke tempat tertentu, maka akan muncul keterangan yang menjelaskan kinerja dari system tadi.

Masalah yang biasanya terjadi saat Anda ingin mencoba pada opsi Replace Task Manager yang terdapat dibawah Windows dengan mengaktifkan UAC. Sedikit catatan, bila Anda mendisable UAC, maka informasi tadi tidak akan dimunculkan. Tapi bila Anda tidak mendisable UAC, maka akan muncul satu pesan kesalahan.

Masalah ini terjadi karena default Task Manager tidak berjalan atau bekerja dengan administrative permissions, maka proses replace tidak bisa dilakukan. Bila Anda ingin me-remap entry registry, bisa langsung menggunkan utility Start++ sudo command untuk mengakat posisi administrator sebelum memulainya.

Untuk bisa memanfaatkan sudo command ini, Anda bisa menginstal utility Brandon Paddock’s Start++ yang berisi sudo command.

Baca juga : 7 Cara Merawat CPU Komputer Agar Awet

Setelah itu Anda bisa membuka registry editor dan mengikuti key tadi. Selanjutnya anda tingggal mendelete key tadi. Key Task Manager ini seperti dibawah.

HKEY_LOCAL_MAC HINE\SOFTWARE\Mi -crosoft\Windows NT\CurrentVer-sionAlmage Pile Execution Options\taskmgr.exe

Sekarang perhatikan nilai “Debugger” yang terdapat pada jendela sebelah kanan, ubah poin tersebut untuk command string, yang mana Anda ingin memodifikasi username, dan lokasinya. Misalnya Anda mengganti key tadi untuk path pada sudo.cmd.

c:\users\geek\AppData\Local\Start+ +\CMDs\sudo.cmd

c:\users\geek\bin\processex-plorer\procexp.exe

Untuk mendapatkan S)S|nternals Process Explorer Anda bisa langsung mendownloadnya dari situs Microsoft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *