Otto Camera Bisa Simpan Foto Dalam File GIF

Saat ini smartphone atau ponsel pintar sudah dibekali dengan kamera yang canggih beresolusi tinggi dan banyak orang yang sudah meninggalkan kamera saku (pocket camera) atau bahkan DSLR sekalipun. Tetapi terkadang ada orang yang tetap masih menggunakan kamera karena keunikannya. Salah satunya adalah Otto Camera. Otto adalah sebuah kamera digital, namun berdesain retro yang memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan file hasil bidikan/jepretan ke dalam format atau bentuk GIF yang lalu dapat mengirimnya ke smartphone.

Otto ditenagai dengan Raspberry Pi dan kamera ini menggunakan sensor CMOS 5 MP Omnivision berukuran 0,25 inci. Kemudian kamera ini dibekali juga dengan lensa f/2-35 mm. Kabarnya, Otto dapat menghasilkan foto dengan resolusi sebesar 2592 x 1944 piksel dan video Full HD 1080p dengan framerate 30 fps berikut juga sebuah video slow motion dengan framerate 90 fps.

Dengan sebuah tombol shutter, optical viewfinder dan sebuah display OLED berukuran 96 x 96 piksel, bisa dibilang Otto Camera adalah sebuah kamera saku. Apa yang membedakannya dengan kamera saku yang berkonsep point and shooter adalah sebuah engkol yang terdapat di atas bodinya yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar GIF lalu men-share via WiFi.

Setiap frame GIF akan ditangkap setiap Anda putar engkol tersebut. Ketika sudah dalam satu putaran penuh, maka file GIF akan terbentuk dan siap untuk dikirimkan ke smartphone. Terdapat juga aplikasi pada kamera yang memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi dari Otto seperti sharing foto ke jejaring sosial, mengatur framerate dan timer, atau memilih mode pengambilan foto. Jika tidak ada koneksi ke smartphone, maka Otto akan menyimpan foto pada memory internal sebesar 4 GB, lalu kembali melakukan sinkronisasi saat sudah terdapat koneksi lagi.

Untuk saat ini aplikasi pendukung hanya untuk perangkat iOS saja, tetapi perusahaan pembuat Otta mengabarkan bahwa nantinya akan terdapat aplikasi mobile web yang dapat diakses melalui browser perangkat apa saja. Nantinya Otto Camera akan tersedia dalam kisaran harga $199  atau sekitar Rp 2,6 jutaan. Bagaimana? Anda tetarik untuk membelinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *