Gunakan DNSCrypt, Cara Aman Browsing Internet

Dunia internet begitu terbuka luas, bahkan hingga beberapa user membutuhkan privasi internet. Kita akan membahas tentang bagaimana DNS bekerja, VPN gratis seperti SpotFlux, NeoRouter, CyberGhost VPN, dll, serta browser yang menyembunyikan identitas Anda, seperti Jumpto Browser, dan banyak lagi.

Kali ini ada satu tool DNSCrypt, yang berupa program ringan yang mengenkripsi pertukaran data antara komputer dan Server. Di satu sisi, ini adalah soal privasi Anda.

Mungkin Anda telah mengetahui tentang VPN yang mengenkripsi data dan pertukaran dalam jalur aman yang dibuat antara komputer Anda dan host. Meskipun VPN memberikan keamanan yang lebih baik dan privasi DNSCrypt, mereka sering memperlambat browsing Anda.

Baca juga : Pantau Kinerja PC dengan Sysinternals Process

Proxy adalah untuk mengakses situs (dengan mengubah alamat IP Anda). Mereka tidak menyediakan enkripsi dalam banyak kasus. Di sini akan dibahas juga tentang DNS tertentu (misalnya OpenDNS) yang menyediakan konten penyaringan koneksi.

Anda tahu bahwa tidak semua situs yang tidak aman. Comodo dan OpenDNS melakukan cek ketika Anda meminta sambungan situs dan akan memberitahu Anda jika website berbahaya. OpenDNS juga menawarkan penyaringan konten yang dapat disebut Parental Controls via network. Anda tidak perlu melakukan penyesuaian pada semua komputer.

Biasanya, dengan cara di atas (kecuali VPN), data Anda terkena “man in the middle”, dimana ketika Anda mengirim permintaan website, email atau bahkan IM. Untuk melindungi data ini, Anda perlu sesuatu yang mengenkripsi data antara komputer Anxtei dan server DNS yang Anda gunakan.

Baca juga : Cara Akses Akun Email POP3 di Windows 8

Server DNS bisa apa saja. DNSCrypt adalah sebuah program yang memberikan enkripsi data ini (antara Anda dan DNS). Anda dapat memilih dari penyedia layanan terdaftar atau gunakan pengaturan Jaringan Adaptor untuk mengubah DNS secara manual.

Dalam beberapa kasus di mana Anda memilih DNS Anda sendiri selain yang tercantum dalam DNSCrypt, menciptakan masalah koneksi ke Internet. Direkomendasikan untuk menggunakan server DNS yang populer. Jika Anda memilih yang tercantum dalam DNSCrypt, Anda mungkin tidak menghadapi masalah sama sekali.

Singkatnya, jika Anda tidak menggunakan VPN, DNSCrypt akan membantu Anda tetap aman ketika berkomunikasi di Internet. Komunikasi bisa apa saja dari email ke IM ke website browsing. Apabila Anda tertarik, bisa langsung mendownloadnya di https://github.com/opendns/dnscryift-win-client.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *