E1 Camera, Kamera 4K Dengan Lensa Yang Dapat Diganti

Saat sekarang ini bisa dibilang sudah bukan trennya lagi resolusi layar Full HD 1920 x 1080 piksel. Yang tren adalah resolusi 4K 4096 x 2160 piksel. Tentu saja dengan semakin banyak jumlah piksel yang terlibat, maka kualitas video akan terlihat semakin tajam.

Oleh karena itu semakin banyak juga gadget yang mulai mendukung perekaman video 4K, seperti beberapa smartphone flagship (Samsung Galaxy S6) dan juga action cam (GoPro Hero 4 Black). Tetapi berbagai gadget yang telah mendukung perekaman 4K masih memiliki keterbatasan, yakni dalam hal lensa yang sudah fix alias tidak dapat diganti.

Sebuah kamera mini bernama E1 Camera pun melakukan inovasi dimana kamera ini dapat merekam video 4K, namun memiliki mount untuk lensa dengan sensor Micro Four Thirds. Dengan begitu Anda dapat merekam video dalam perspektif yang berbeda tergantung penggunaan lensa yang sesuai.

Bodi E1 Camera ala Action Cam

E1 Camera mampu merekam video dalam resolusi 4K dalam framerate 24 fps dan 3840 x 2160 piksel (UHD) dalam framerate 30 fps. Resolusi yang lebih rendah juga didukung seperti Full HD 1080p dan HD 720p dengan framerate tinggi hingga 60 fps. Perekaman sloyy motion dengan framerate 120 fps juga dapat dilakukan dalam resoiusi HD 720p.

Untuk menjaga kualitas video tetap tinggi, terdapat fitur advanced 3D noise filter dengan Motion Compensated Temporal Filtering (MCTF) yang dapat mengurangi tingkat noise walau dalam ISO tinggi pun. Opsi ISO tertinggi yang tersedia adalah 102.400. Selain video, kamera E1 juga dapat mengambil foto dalam format JPG dan RAW.

Nah, untuk mengontrol kamera, maka Anda dapat melakukannya dengan smartphone Android atau iOS yang terkoneksi dengan Bluetooth atau Wi-Fi. Sehingga aktivitas preview video berikut kontrol perekaman sepenuhnya dilakukan dengan smartphone. Durasi perekaman untuk video 4K adalah 80 menit, sesuai dengan kapasitas batera rechargeable di dalam kamera.

Bodi dari E1 Camera juga termasuk kecil, yakni 75 x 56 x 49 mm dengan bobot 206 gram. Bodinya menggunakan material magnesium dan memiliki slot microSD sebagai media penyimpanan. Di belakang bodi terdapat LCD berukuran 2,5 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel berikut beberapa tombol fisik. Lalu di bagian depan terdapat mount untuk lensa dengan sensor Micro Four Thirds. Anda dapat menggunakan lensa dari kamera Panasonic dan Olympus.

Nantinya E1 Camera tersedia dalam 2 versi, yakni hanya bodi saja dengan harga $699 dan yang sudah dilengkapi lensa 14 mm f/2.5 dari Panasonic dengan harga $799.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *