AC Murah dan Berkualitas, Serta Hemat Energi

Ada yang bilang bahwa AC (air conditioner) yang hemat listrik adalah AC yang telah dibekali tegnologi inverter. Mengapa demikian? Apa bedanya dengan AC generasi sebelumnya yang tak di bekali teknologi inverter. Adakah cara lain untuk mengubahnya menjadi lebih hemat? Ini mungkin pertanyaan yang muncul setelah kemunculan AC bertegnologi inverter.

Sebelum menjawabnya, mari kita pahami terlebih dahulu: apa itu inverter. Inverter bisa di sebut sebagai alat kebalikan dari adaptor. Mengapa demikian? Sebab cara kerja inverter kebalikan dari cara kerja adaptor. Jika adaptor bekerja dengan cara mengubah arus listrik bolak balik atau Ac menjadi searah alias Dc, inverter sebaliknya. Ia mengubah arus listrik dari Dc ke Ac. Perhatikan saya adaptor handphone atau laptop anda.

Manfaat Inverter Bagi Ac: Benarkah Jadi Makin Hemat Listrik?

Inverter mengubah arus Dc ke AC, mengapa tak langsung di sambul ke listrik PLN jala-jala saja? yups, apa anda berikir demikian? Kalau tidak berarti anda sama sekali tak memahami rangkaian arus. Kalau iya, sama saja demikian. Ada perbedaan antara arus Ac pada Inverter dengan arus Ac pada aliran listrik jala-jala. Terutama berkaitan dengan tegangan listrik dan frekuensi. Pada alur listrik jala-jala tegangan listrik dan frekuensinya konstan pada angka tegangan 220 V sementara frekuensi 50 Hz. Walau memang kita dapat memanfaatkan Trafo untuk menguba teganganya. Tetapi jangan lupa frekuensinya tidak dapat di ubah.

Di sini lah letak perbedaanya, teknologi inverter memiliki fitur untuk mengubah frekuensi sesuai yang di inginkan. Itu pula yang di pakai oleh teknologi AC (air conditioner) inverter. Sebagaimana kita tahu, AC bekerja denga sistem kompressor untuk mendinginkan suhu ruangan. nah, pada AC tanpa teknologi inverter, kompressor hanya bisa berjalan konstan pada kecepatan penuh atau mati. Atau pilihanya Cuma, mati atau hidup. Suhu rendah mati, suhu tinggi hidup. Begitu kira-kira.

Berbeda jika menggunakan teknologi inverter. Dengan memanfaatkan fitur pengaturan frekuensi dari inverter, kecepatan kompressor bisa diatur sedemikian rupa. Sehingga kita tak lagi perlu menyala matikan kompressor. Ia dapat berjalan sesuai dengan keinginan kita.  Jadi tidak selalu penuh. Akibatnya akan menghemat listrik. Mengapa?

Sebab, kompressor yang berjalan secara konstan. Alias tidak mati-hidup akan mengkonsumsi daya listrik ketimbang yang di mati hidupkan. Karena sama dengan pompa air, ketika pertama kali menyalakan AC, daya yang dibutuhkan dua kali lipat dari yang sebenarnya di serap ketika hidup dalam keadaan konstan. Jadi, walaupun terkadang Harga Inverter yang berada dalam Ac mempengaruhi harga Ac, alias harganya semakin mahal. Kita juga yang di untungkan, karena listrik yang kita bayarkan tiap bulan tak terlalu mahal.

Selain memilih AC yang hemat listrik untuk jangka panjang, tentu kita juga harus bisa memilih AC murah namun tetap memiliki kualitas yang terbaik. Misalnya dengan memanfaatkan promo natal 2016 di blanja.com yang akan memberikan potongan harga di akhir tahun ini. Hal tersebut tentu menjadikan Anda akan lebih berhemat dalam memilih serta memiliki AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *