Tips Mudah Melakukan Jual Beli Komputer Bekas

Memiliki barang elektronik yang sudah tak terpakai? Anda dapat menjualnya di situs online daripada membuangnya begitu saja. Barang elektronik akan tetap memiliki nilai ekonomis tersendiri meskipun sudah tak terpakai, terutama jika keadaannya masih bagus dan layak pakai. Contohnya, jika Anda memiliki komputer yang sudah tak terpakai lagi karena Anda memiliki komputer yang barua tau karena alasan lainnya, maka sebaiknya Anda dapat menawarkannya melalui beberapa situs jual beli computer bekas online yang kini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu Anda akan tetap memiliki keuntungan dari barang bekas tersebut, berbeda jika Anda hanya meninggalkannya di gudang atau mendiamkannya. Justru hal tersebut akan semakin merusak benda elektronik Anda tersebut.

Jika Anda berniat untuk menjual komputer Anda melalui situs online tetapi Anda masih ragu dan bingung langkah-langkah apa yang harus dilakukan, maka simak tips mudah berikut ini:

  • Pastikan komputer dalam keadaan layak jual

Sebelum Anda membuangnya atau berniat untuk menjualnya, maka perhatikan secara teliti apakah komputer Anda tersebut masih dalam kondisi layak jual atau tidak. Dalam menjual suatu barang, kenyamanan dan juga kepuasan dari pembeli merupakan hal yang utama. Oleh karena itu perhatikan kualitas yang ingin Anda tawarkan kepada calon pembeli sekaligus pemilik baru dari komputer Anda tersebut.

  • Pilih situs online yang sesuai

Untuk menjual barang elektronik, terutama transaksi jual beli komputer bekas ini pilihlah toko online yang sesuai. Karena terkadang ada beberapa toko online yang hanya menjual beberapa pakaian atau produk tertentu saja. Maka dari itu Anda harus jeli dalam memilih situ jual beli online tersebut. Dengan Anda selektif dalam memilih toko online yang akan Anda gunakan untuk memasarkan barang Anda, maka Anda akan semakin mudah pula dalam menjual komputer bekas Anda tersebut. Anda dapat melihat berbagai referensi dengan membuka beberapa situs online yang ada di internet.

  • Pasang harga yang sesuai

Dikarenakan barang yang Anda jual merupakan barang bekas, maka lebih baik Anda menyesuaikan harga yang akan Anda tentukan dengan kualitas komputer Anda. Apabila Anda merasa bingung dalam menentukan harga, maka Anda dapat bertanya kepada rekan Anda yang mengerti dan memahami harga komputer ataupun mencari referensi di internet atau toko komputer mengenai spesifikasi dan harga dari komputer yang mirip dengan milik Anda. Dari situ Anda akan mudah untuk menentukan harga dari komputer bekas Anda.

  • Tuliskan secara detail tentang produk

Dalam menjual suatu produk, pastikan untuk selalu mencantumkan secara detail produk yang akan Anda jual. Terutama komputer yang memiliki komponen dan juga pembeli pastinya akan membutuhkan banyak informasi mengenai produk tersebut. Maka dari itu, dalam keterangan produk yang akan Anda cantumkan dalam kolom di situs online, tuliskan secara rinci komputer yang akan Anda jual tersebut.

  • Cantumkan detail kontak

Tips yang terakhir untuk melakukan jual beli komputer bekas yaitu jangan lupa untuk mencantumkan kontak Anda pada kolom keterangan. Hal ini dimaksudkan agar calon pembeli Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda secara langsung apabila merasa ada hal yang perlu ditanyakan mengenai produk yang Anda jual. Selain itu dengan adanya pencantuman kontak Anda memungkinkan untuk mempercepat dan juga memudahkan transaksi dari kegiatan jual beli yang Anda lakukan pada sistem online tersebut. Anda sebagai seorang penjual juga diharapkan dapat fast respon bagi para calon pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *