FreeWavz, Wireless Earphone Plus Pantau Kesehatan Tubuh

Dengan beragam modelnya yang unik, cantik, keren dan menarik, saat ini headphone bisa menjadi “perangkat fashion.” Sekarang memakai headphone tidak hanya sekadar mendengarkan lagu kesayangan saja, tetapi juga dapat menjadi semacam perhiasan atau aksesoris. Perusahaan perangkat elektronika berbasis di Florida bemama FreeWavz telah membuat sebuah headphone minimalis yang mampu menunjang aktivitas olah raga dengan membenamkan fitur pemantauan aktivitas. Apa saja fungsi dan manfaatnya serta keistimewaannya?

Rekam Informasi Tubuh Secara Lengkap

FreeWavz pada mulanya dikembangkan oleh ahli bedah THT yakni Dr. Eric Hensen. Dengan bentuk sebuah earphone, FreeWavz memiliki konsep wireless (tanpa kabel) agar tidak mengganggu pengguna saat ia sedang beraktivitas. Headphone keren dan canggih ini bisa terkoneksi ke perangkat Android dan iOS via Bluetooth. Di dalamnya terdapat pulse oximeter dan three-axis accelerometers. Keduanya alat tersebut memiliki fungsi untuk memantau berbagai informasi seperti detak jantung, jumlah kalori yang terbakar, jarak tempuh, durasi aktivitas dan penggunaan oksigen, sangat lengkap untuk sebuah perangkat yang berukuran mini.

Status informasi kesehatan akan diinformasikan dari perangkat ke pengguna melalul peringatan secara real-time. Pengguna dapat mengatur frekuensi (tingkat keseringan) dan konten dari peringatan berdasarkan aktivitas atau waktu.

Untuk desainnya, FreeWavz sudah meninggalkan penggunaan earbad untuk membuat lubang telinga lebih bebas. FreeWavz menggunakan sebuah mekanisme berbentuk kerucut yang dibalut dengan busa sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk telinga pengguna. Hal ini dikarenakan tak semua bentuk telinga orang memiliki bentuk yang sama.

Pengguna juga dapat mengontrol atau mengendalikan tingkat volume pada masing-masing pasang earphone. Hal ini diperlukan untuk pengguna sepeda atau saat berlari agar dapat tetap mendengar suara di sekitarnya, bukan suara cuma yang keluar earphone.

Selain itu bodi dari earphone sendiri ini pun tahan air dan keringat yang memang dicocokkan untuk penggunaan aktivitas tinggi. Untuk baterai yang telah disematkan pada earphone ini dapat bertahan antara 6 sampai 8 jam. Saat ini FreeWavz telah mengumpulkan dana di Kickstarter sebanyak $325.208 dan nantinya akan dibandrol dengan harga $179 atau sekitar Rp 2,3 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *