Situs MarketPlace Terbaik Freelancer Indonesia : Freelancer atau Upwork?

Freelancer Indonesia – Di era digital, semua bisa ditemukan via online, termasuk pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Solusi pekerjaan tambahan yang paling sering ditemukan adalah freelancing. Freelancer atau pelaku freelancing, menawarkan jasa sesuai keahlian kepada employer/contractor, dan employer/contractor memberikan project brief kemudian berlanjut pada tahap deal pembayaran jasa. Freelancer umumnya memberikan jasa sesuai dengan keahlian masing-masing dengan waktu pengerjaan yang lebih leluasa daripada pekerja tetap.

Untuk mencari proyek baru freelancer Indonesia, saat ini sudah tersedia banyak situs marketplace yang menyediakan ratusan ketegori pekerjaan di dalamnya, termasuk bidang konten website, penulisan, penerjemahan, desain, Programmer/coding bahkan Marketing/Pemasaran. Situs-situs ini juga disebut sebagai broker, atau sebuah pasar dimana employer dan freelancer saling bertemu dan melakukan penawaran.

Untuk situs marketplace Indonesia, terdapat 2 situs yang menurut kami memiliki jumlah peminat hingga ratus ribuan. Berikut ini ulasan 2 situs marketplace terbaik freelancer Indonesia.

Freelancer (Freelancer.co.id)

Dari ribuan situs marketplace, lebih dari 500,000 freelancer Indonesia memilih Freelancer.co.id sebagai situs outsource favorit. Disini para pencari kerja bisa memasang profil profesional lengkap dengan resume, portofolio dan contoh hasil kerja yang diposting pada link. Situs ini menawarkan sebanyak 850 kategori pekerjaan. Uniknya tidak hanya pebisnis Indonesia yang mencari freelancer, namun juga dari luar negri. Bagi freelancer Indonesia yang ingin berburu dolar, bisa mendaftar di situs ini.

Namun, secara gamblang, Freelancer.co.id memungut biaya keanggotaan secara rutin pada calon pelamar kerja. Dan dalam beberapa penawaran terhadap freelancer penerjemah, upah yang diberikan cukup ‘menyedihkan’ alias dibawah rata-rata. Dengan kata lain, Freelancer.co.id kurang cocok bagi freelancer Indonesia yang menginginkan upah diatas standar dengan kualitas kerja profesional. Namun bagi pemula, bisa saja mencoba membangun reputasi dan jaringan dengan mendaftar keanggotaan Freelancer.co.id.

UpWork.com

Lapak online satu ini tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, sama-sama mempertemukan freelancer dengan contractor. Namun geliat UpWork.com di kalangan freelancer Indonesia cukup impresif daripada Freelancer. Dibandingkan dengan Freelancer, UpWork.com tidak memungut bayaran atau biaya keanggotaan maupun tes pada calon pelamar kerja. Dan upah yang ditawarkan lebih besar dan ‘manusiawi’ daripada yang ditawarkan di Freelancer.

Selain itu, UpWork.com (yang merupakan gabungan dari Elance dan Odesk – situs freelancer global), juga memiliki sistem pasar yang menarik bagi pemburu dolar. Hanya saja, 10% dari gaji yang didapat freelancer akan dipotong oleh UpWork.com sebagai penyedia jasa lapak online alias outsourcing.

Masih ada situs lain yang bisa menjadi lapak bagi freelancer Indonesia dalam mencari tambahan penghasilan atau menjadikannya pekerjaan utama. Diantaranya untuk pendidik ada situs Guru.com, dan Proz.com untuk penerjemah. Selain itu ada juga Project.co.id yang merupakan buatan PT Panonpoe Media asal Bandung. Silahkan Anda bisa memilih di situs mana Anda bisa mengajukan proposal dan berburu upah sebagai freelancer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *