Teknologi Komputer Terbaru Ini Bisa Membuat Komputer Melukis!

Teknologi Komputer Terbaru Ini Bisa Membuat Komputer Melukis!

teknologi komputer terbaru

Jika Anda memperhatikan kedua gambar diatas, Anda pasti sulit menebak mana lukisan karya pelukis terkenal Belanda Rembrandt. Keduanya sama-sama memiliki detail yang tinggi dan bergaya eropa zaman reinasanse. Perbedaan yang nampak dari kedua lukisan tersebut adalah tingkat kecerahan dan sentuhan realis pada lukisan kedua.

Melihat dua faktor tersebut mungkin Anda akan mengira bahwa foto nomor dua tadi adalah lukisan karya Rembrand yang asli.

Well, Anda Salah!

Lukisan pada foto nomor dua tersebut adalah hasil tiruan teknologi komputer terbaru yang memungkinkan komputer melukis berdasarkan gaya sang pelukis legendaris asal Belanda tersebut!

Teknologi Pengenalan Pola Membantu Proses Melukis sang Komputer.

Para ilmuwan yang mengembangkan teknologi komputasi baru ini menganalisis lebih dari 300 buah lukisan Rembrandt dengan proses scanning tiga dimensi yang dapat mengenali pola geometrik unik sang pelukis dalam mengungkapkan imajinasinya.

Setelah pola-pola khas dari sang pelukis berhasil dianalisis, maka komputer akan menggunakan pola tersebut untuk membuat sebuah lukisan baru dengan sentuhan detail tambahan berdasarkan berbagai opsi.

langkah awal dari proses peniruan lukisan ini adalah membuat pola dasar berdasarkan pola-pola unik yang telah dipelajari. Selanjutnya adalah memberikan sentuhan berupa pola usapan cat dengan teknik serupa, yakni dengan mempelajari geometri dari tiap usapan cat sang pelukis legendaris.

Setelah mendapatkan pola dasar dan tekstur usapan cat yang tepat, hasilnya dicetak menggunakan 3D printer dengan 13 lapisan yang mengimitasi pola usapan dari Rembrandt yang legendaris.

Inti dari penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem komputasi yang mampu mengolah banyak data dan mampu menemukan pola spesifik yang dapat digunakan untuk meniru sebuah karya dengan sempurna.

Salah satu efek negatif dari teknologi komputer yang dikembangkan selama 18 bulan dan telah menghasilkan 148 juta piksel ini adalah lukisan-lukisan antik dengan harga tinggi akan menjadi karya biasa yang bisa ditiru dengan sempurna oleh teknologi komputer terbaru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *