Wow! Cina Sudah Berhasil Meluncurkan Satelit Canggih Berbasis Kuantum!

Produk buatan cina sudah menjadi semacam tanda kurangnya mutu dari produk tersebut atau tanda bahwa produk tersebut adalah imitasi. tapi ternyata Cina sudah selangkah lebih maju dari negara adidaya teknologi lain dalam mengembangkan satelit berteknologi kuantum dengan tingkat keamanan yang tinggi!

Pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) akan meluncurkan satelit kuantum percobaan mereka pada bulan Juli 2016. Satelit komunikasi ini merupakan satelit yang memiliki teknologi kuantum pertama.

Jika proyek ini berhasil, maka RRC akan menjadi negara pertama yang berhasil meluncurkan dan menggunakan satelit berbasis kuantum, meninggalkan negara adidaya teknologi seperti Amerika Serikat dan Rusia.

satelit kuantum
[Ilustrasi] Satelit buatan merupakan salah satu alat telekomunikasi. Satelit canggih dengan teknologi kuantum buatan Cina ini merupakan satelit yang akan menjadi satelit paling aman di dunia

Satelit dengan Keamanan Tercanggih Dunia

Prof. P. Jianwei, Guru Besar University of Science and Technology of China menerangkan bahwa satelit dengan teknologi canggih tersebut memiliki kelebihan berupa tingkat keamanan yang canggih karena sinyal foton kuantum yang digunakan sebagai transmitan data yang berisi informasi penting, tidak dapat diduplikasi atau dipisahkan, hingga usaha untuk memecahkan kode dan menyadap informasi dari satelit tersebut hampir mustahil.

Proyek satelit kuantum pertama dunia tersebut merupakan salah satu proyek kuantum University of Science and Technology of China atau CAS yang terdiri dari pengembangan dan pengaplikasian teknologi kuantum dalam teknologi informasi dan pengembangan teknologi teleportasi kuantum.

Setelah proyek tersebut dirampungkan, satelit tersebut diharapkan mampu menjalankan komunikasi dua arah dengan sinyal kuantum yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

Satelit tersebut sudah dikembangkan selama lima tahun dan pihak CAS menyatakan bahwa satelit ini akan ditransportasikan Jiuquan Satellite Launch Centre  pada bulan Juni untuk mempersiapkan peluncuran purnarupa satelit kuantum ini.

Sumber Pustaka

http://indianexpress.com/article/technology/science/china-to-launch-its-first-experimental-quantum-communication-satellite-2824071/#sthash.8drsaguX.dpuf

One thought on “Wow! Cina Sudah Berhasil Meluncurkan Satelit Canggih Berbasis Kuantum!

  • June 15, 2016 at 1:32 pm
    Permalink

    Satelit canggih tersebut seharusnya juga dimiliki Indonesia dan berbagai negara lainnya. Dengan demikian, bisa membantu pemerintah untuk mempermudah dalam meningkatkan kualitas sebuah negara.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *