Hasil Belajar : Cara Riset Keyword Yang Baik

Pentingnya Melakukan Riset Keyword Yang Baik dan Benar

Pernah melihat situs-situs yang merajai page one hasil pencarian google? Pernah bertanya-tanya bagaimana cara mereka mendapatkan peringkat hasil pencarian tersebut?

Well, kali ini Saya juga sedang berusaha mempelajari salah satu teknik untuk meraih banyak pengunjung dan mendapat peringkat 10 besar dipencarian Google. Banyak faktor yang dapat mengantarkan Kita ketujuan ini, salah satu diantaranya adalah melakukan riset keyword yang baik dan benar.

Mengenal Riset Keyword dan Analisis

Ketika Anda berusaha menulis sebuah artikel, tentu saja Anda harus memperhatikan apakah isi konten Anda dapat dijangkau calon pembaca, yang menggunakan mesin pencari.

Oleh karena itu, kita harus sedikit menyesuaikan target keyword Kita dengan keyword yang banyak dicari melalui Google dan search engine lain, tentu saja, target keyword tersebut harus sesuai dengan topik yang sedang ditulis.

cara analisis atau riset keyword yang sederhana adalah menggunakan Google Search. Mungkin Anda pernah mencari suatu topik di Google dan muncul keyword suggest seperti gambar dibawah ini.

Cara Riset Keyword Yang Baik
Cara Riset Keyword Yang Baik dan Sederhana Melalui Google Search

Nah, keyword sugesti tersebut dapat Anda gunakan sebagai target keyword atau focus keyword dari artikel Anda. Para pakar SEO menyarankan untuk menggunakan keyword dengan suku kata panjang (long tail keyword) untuk hasil yang maksimal.

Penggunaan long tail keyword sendiri, ternyata memberikan impact yang baik bagi blog Kita. Karena persaingan antar blog berbanding terbalik dengan panjang fokus keyword yang ditargetkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini.

Beberapa Cara Riset Keyword Yang Baik

Berikut Kami sajikan beberapa cara riset keyword dengan memanfaatkan Tools dari Google ataupun situs penyedia keyword analisis lain.

Riset Keyword Menggunakan Google Search

Seperti yang telah Kami paparkan dalam pendahuluan diatas, Google Search dapat Anda gunakan sebagai alat riset keyword. Anda tinggal memasukkan keyword tunggal Anda dan tunggu Google memberikan long tailed keyword untuk Anda gunakan sebagai target atau focus keyword. Simple, bukan?

Cara Riset Keyword Yang Baik
Cara Riset Keyword Yang Baik dan Sederhana Melalui Google Search

Menggunakan Google Adword Sebagai Analis

Cara riset keyword kedua adalaha dengan menggunakan Google Adwords, lebih spesifiknya menggunakan Keyword Planner dari Fitur Iklan Google ini.Keyword Planner bisa dikatakan sebagai alat riset keyword yang cukup lengkap, karena telah dilengkapi dengan jumlah pencarian keyword spesifik persatuan waktu.

Dengan fasilitas ini, seorang blogger bukan hanya dapat menentukan keyword yang akan ditembak, mereka juga dapat menganalisis hasil pencarian keyword terkait untuk memutuskan keyword manakah yang akan digunakan sebagai focus keyword.

Cara riset keyword yang baik
Cara riset keyword yang baik menggunakan Google Adwords

Cara Analisis Keyword Dengan Keyword Planner (Google Adwords)

  • Silahkan login ke Google Adwords dengan akun GMAIL Anda
  • Klik menu “Tools>Keyword Planner
  • Klik “Search for new keyword …” dan masukkan keyword short tail yang ingin Anda analisis.
  • Sebelum menganalisis, tentukan bahasa target Anda
  • Klik “get ideas”

 

cara-riset-keyword-yang-baik-dan-benar-keyword-planner
Hasil analisis pencarian kata kunci spesifik perbulan dari Keyword Planner

Sekarang, Anda dapat memilih fokus keyword untuk topik artikel dan fokus keyword Anda, Pastikan pilih keyword yang memiliki rerata pencarian perbulan yang banyak (> 1000 perbulan) dan memiliki kompetitor yang sedikit. Gunakan keyword pilihan Anda sebagai topik tulisan, penyusun heading, judul, anchor text saat mencari backlink dsb.

Untuk menggali keyword lebih dalam, Anda dapat mendownload seluruh keyword dari keyword planner yang Anda cari. Cara mendownload keyword list dari keyword planner sangat mudah. Anda tinggal klik icon panah yang mengarah kebawah dan pilih download as excel CSV.

cara riset keyword yang baik
Menampilkan seluruh keyword list dari Keyword Planner

Penutup Hasil Belajar Riset Keyword Yang Baik

Demikian artikel Hasil Belajar kali ini. Artikel akan diupdate sesuai pelajaran baru yang Kami dapatkan. Artikel ini mungkin tidak terlalu spesifik karena Kami sendiri juga baru berusaha belajar cara riset keyword yang benar. Namun, semoga artikel ini dapat memberikan dasar yang kuat untuk Anda belajar riset keyword.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *