11 Langkah Menulis Artikel SEO Friendly

Mengatur posting Anda agar SEO friendly adalah hal esensial lain dalam SEO praktis. Tapi Anda harus ingat, tujuan utama cara menulis artikel yang SEO Friendly adalah untuk membuat postingan Anda lebih rapi, menarik dan kaya akan informasi relevan.

cara menulis artikel yang SEO Friendly
Ayo Belajar Cara Menulis Artikel SEO Friendly Bersama Kami!

Berikut Kami tuliskan 11 langkah menjadikan artikel Anda SEO friendly. 11 langkah tersebut adalah hasil belajar kami disebuah situs panduan internet marketing, PanduanIM.com.

11 Cara Menulis Artikel SEO Friendly

1. Melakukan Riset Keyword

Melakukan riset keyword adalah langkah paling utama dalam membuat sebuah artikel SEO friendly. Riset keyword akan membantu Anda mengerti apa yang dicari oleh seorang pembaca. Cara riset keyword yang baik dan benar dapat Anda baca disini.

2. Proses Penulisan Artikel SEO Friendly

Setelah melakukan riset keyword, tulislah artikel Anda. hal yang perlu diperhatikan saat Anda menulis konten antara lain:

  • Keyword utama yang Anda targetkan harus muncul pada paragraf pertama artikel Anda
  • Pastikan keyword target tersebar dalam artikel secara natural
  • Untuk menghindari keyword stuffing yang dibenci google, gunakan juga keyword sampingan yang relevan hasil riset keyword Anda.
  • Posting Anda harus berisi informasi lengkap, jangan buat pembaca kecewa karena konten Anda miskin informasi.
  • Jika Anda masih belum menguasai teknik menulis, Anda dapat membaca artikel cara menulis yang menarik dan atraktif  Kami.

3. Edit dan Perbaiki Artikel Anda

Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, demikian pula Anda. Setelah menulis konten yang kaya informasi, tak ada salahnya untuk kembali membaca dan mengoreksi tulisan Anda.

Periksa kembali tata tulis dasar seperti penggunaan tanda baca, misspelling, dan kalimat yang terlalu bertele-tele, paragraf yang terlalu gendut dan sebagainya.

4. Pemberian Judul Artikel

Selanjutnya, berilah judul pada artikel yang telah Anda tulis. Judul artikel yang Anda buat harus menggambarkan dengan jelas artikel Anda dan jangan terjebak aturan kaku SEO yang membatasi karakter judul artikel < 70 karakter.

Buatlah judul menarik dan tak membosankan. Dan jangan lupa, sertakan keyword target secara natural dalam judul tersebut

5. Berilah Judul (Heading) Section Artikel Anda

Seperti sebuah karya ilmiah yang memiliki judul bab dan sub-bab, berilah judul section atau lebih dikenal sebagai sub-heading (H1 hingga H5).

Sub-heading tersebut akan membantu pembaca mengetahui section-section tertentu dalam artikel Anda. Jangan lupa letakkan keyword target ada judul section tersebut.

6. Mengatur Permalink

Permalink adalah faktor cara menulis artikel seo friendly yang cukup penting. Permalink akan membantu pembaca mengakses artikel Anda. Buatlah permalink yang singkat dan jelas.

7. Percantik Posting Anda Dengan Gambar Yang Relevan

Selain dengan kalimat efektif dan kaya informasi, penggunaan ilustrasi akan membantu pembaca memahami isi artikel Anda. Selain itu, penggunaan gambar yang menarik membuat pembaca tak bosan.

Berikan caption atau judul gambar yang relevan dengan isi dan sisipkan keyword secara natural. Jangan lupa masukkan keyword tersebut pada ATL gambar tersebut.

caara menulis artikel yang SEO friendly
Memberikan teks alternative (alt) pada ilustrasi artikel Anda untuk meningkatkan optimasi search engine artikel Anda

 8. Berikan Outbound dan Internal Link

Selanjutnya, berikan outbound link yang mengarahkan pembaca artikel Anda pada situs yang berisi informasi lebih lanjut dari suatu bahasan dalam artikel Anda. Berikan pula minimal satu buah link dari website Anda (internal link), pastikan link internal tersebut sesuai dengan isi artikel tersebut.

9. Perbanyak Sharing Ke Media Sosial

Selanjutnya, untuk membuat artikel Anda makin SEO friendly, share-lah artikel tersebut pada media sosial. Anda dapat mengoptimalkan sharing ke media sosial tersebut dengan berbagai widget dan plugin seperti twitter card dan facebook opengraph.

10. Sempurnakan Dengan User Expirience Yang Memuaskan

Seperti yang telah Kami jelaskan dalam artikel Kami sebelumnya, bahwa user experience dan mobile friendliness telah menjadi tolak ukur google dalam menentukan peringkat suatu website, pastikan tampilan Anda memberikan kesan yang baik pada pengguna.

Tampilan yang menggunakan warna norak, terlalu banyak ads dan terlalu lama loading akan membuat pembaca meninggalkan website Anda. Pilihlah tema yang disukai google dan gunakan format tulisan yang memudahkan pembaca menikmati artikel Anda.

11. Jangan Tulis Artikel Untuk Search Engine!

Inti dari artikel cara menulis artikel yang SEO friendly ini adalah agar Anda mampu memberikan kepuasan intelektual dan visual pada pembaca setia website Anda.

Menulis dengan teknik SEO yang buruk akan membuat Anda menulis untuk Search Engine dan gagal memenuhi tujuan tersebut. Tulislah artikel dengan mengutamakan pembaca dan isilah dengan informasi yang benar-benar berkualitas!

One thought on “11 Langkah Menulis Artikel SEO Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *