Cara Cek Backlink Dengan Google Webmaster Tool

Cara Cek Backlink Dengan Google Webmaster Tool

Cara cek backlink adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui jumlah backlink yang mengarah ke situs Anda. Entah karena usaha Anda sendiri, submit ke berbagai situs, blogwalking atau mereka yang sirik dan dengan jahat menanam backlink spam pada blog atau website Anda hingga reputasinya dimata google dan search engine lain akan menurun drastis.

Terdapat banyak metode atau cara cek backlink situs Anda. Dapat menggunakan backlinkwatch.com, ahrefs.com, moz.com dan lainnya. Namun, dalam beberapa kasus, situs backlink checker tersebut tidak mendeteksi backlink yang kita miliki. Sebagai contoh, situs lain yang kami miliki Biologi Philosopher, tidak terdeteksi backlinknya di backlinkwatch.com. lalu, bagaimana cara cek backlink yang valid? mari kita bahas secara mendalam dipembahasan berikut

Pengertian Backlink

Backlink memiliki pengertian sebagai link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain (Wikipedia). Jika dibandingkan dengan suatu karya ilmiah, backlink adalah suatu sitasi (citation) atas pendapat, atau temuan Anda yang digunakan oleh orang lain. Logikanya, makin bagus jurnal ilmiah yang Anda buat, maka makin banyak pula citation yang Anda dapat dari karya-karya ilmiah orang lain.

Dari konsep simple diatas-lah Google mengembangkan algoritmanya. Dan menempatkan jumlah serta kualitas backlink sebagai faktor penentu peringkat website Anda selain kualitas konten. Korelasi jumlah dan kualitas backlink terhadap ranking google masih beluum jelas. Ada yang menyatakan jumlah tidak berpengaruh, dan kualitas yang lebih memenentukan. Namun, dari beberapa kawan blogger menyatakan bahwa backlink berkualitas rendah, dalam konteks ini tidak memiliki google pagerank dan nofollow baik untuk membangun reputasi karena akan dianggap sebagai building backlink yang alami oleh algoritma google. Selain itu, backlink juga dapat digunakan sebagai ranjau yang dapat menghancurkan reputasi website Anda.

Untuk mengetahui bagaimana backlink dapat merusak reputasi website Anda dapat dibaca diartikel lama kami yakni SEO Negatif. Keberadaan link spamming dapat mengakibatkan website Anda dipenalty atau lebih dikenal sebagai google sandbox.

Alasan Memilih GWT Sebagai Backlink Checker

Google adalah search engine utama dari seluruh search engine yang ada di dunia maya, dan GWT adalah fitur yang disiapkan oleh Google untuk memberi berjuta webmaster didunia kesempatan mendaftarkan website mereka di situs pencari populer ini. Maka, faktor apapun yang di indeks oleh GWT, maka faktor tersebutlah yang digunakan oleh google untuk mengkalkulasi reputasi, mutu konten dan menentukan peringkat yang pantas Anda dapatkan. Demikian pula dengan backlink yang diindeks oleh GWT. Backlink-backlink tersebut yang menentukan penilaian algoritma Google.

Step by Step Cek Backlink Dengan GWT

Untuk mengecek backlink via GWT, Anda hanya perlu masuk ke akun Google dan mengakses alamat berikut

https://www.google.com/webmasters/tools/external-links?hl=en&siteUrl=http://websiteanda.com

Terlebih dahulu, pastikan website Anda terdaftar dan terverifikasi pada situs GWT tersebut. Berikut screenshoot backlink blog Kami yang terindeks oleh Google dan kami cek dengan menggunakan GWT.

hasil cek backlink dengan Google webmaster tool
hasil cek backlink dengan Google webmaster tool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *