Cara Canggih Index Blog di Google Secepat Kilat

Kali ini Kami akan mencoba berbagi pengalaman cara index blog di google dengan cepat yang telah kami buat untuk Anda. Domain blog ini, evilgenius2010.com bisa dibilang masih sangat muda. Terhitung baru kemarin (22/dec/2014) domain ini diaktivasi. Artikel dalam blog ini saja import dari blog student saya disiniJadi, menurut pengalaman kami, sangat sulit mengindex artikel dengan usia muda dan tentu saja page dan domain authority sangat rendah. Namun, setelah Kami coba untuk mengindex salah satu artikel kami yakni “Fisiologi Sistem Pencernaan“, artikel tersebut ternyata langsung di index oleh google!. Berikut tahapan bagaimana cara meng index artikel dengan cepat di google berdasarkan pengalaman kami tersebut. Semoga dapat meningkatkan motivasi Anda untuk terus berkarya!

Step by Step Indexing Artikel Di Google Webmaster Tool (GWT)

Pertama, pastikan website Anda terdaftar dalam google webmaster tool (GWT). Untuk mendaftarkan situs Anda di GWT, ikuti step by step mendaftarkan website dan blog di google webmaster tool ini. Saran Kami, gunakan email dari google (gmail) untuk mendaftarkan domain Anda pada registrar. Dengan menggunakan gmail, Anda tidak perlu melakukan verifikasi kepemilikan domain dan domain akan langsung ditambahkan oleh sistem GWT.
Selanjutnya, lakukan step by step mengindex artikel di google berikut

Tagap Persiapan Artikel dan Pengetahuan Dasar GWT

  • Buatlah artikel bermutu tinggi: Buatlah artikel dengan mutu yang baik, unik dan dengan SEO yang memadai. Artikel yang SEO friendly akan menentukan posisi pada SERP Google, sekaligus mempertahankannya. Namun, usahakan agar tidak berlebihan. Artikel berlebihan akan dianggap spam oleh google. Atur kepadatan keyword secukupnya saja. Untuk mengetahui cara menentukan keyword density optimal, klik disini. 
  • Submit sitemap: untuk Anda yang belum submit sitemap, silahkan submit sitemap Anda terlebih dahulu. Hal ini memang tidak berpengaruh pada kecepatan indexing. Namun, lebih memudahkan proses indexing berikutnya. 
  • Submit artikel via fetch google: Fitur di google webmaster ini memiliki fungsi sebagai virtual user yang mendeteksi dan memerikasa keberadaan situs dan konten Anda di internet. Dengan fitur ini pula google memeriksa status berjuta-juta laman web dalam database mereka. Oleh karena itu, proses indexing akan berjalan cepat jika mengunakan fitur ini sesaat setelah artikel di publish. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu automatic indexing oleh google yang konon harus menunggu hingga 2-3 hari. Fitur ini memiliki pilihan user agent yakni “Desktop”, yang mengaktifkan googlebot dengan user agent PC, Smartphone, yang seakan bertindak sebagai user smartphone dll. 

Step by Step Indexing Artikel di Google

  • Fetch Artikel Anda Dengan GoogleBot: Setelah mengenal fitur diatas, Anda dapat langsung melakukan indexing dengan cara mengcopy url artikel And, dan buka GWL atau url berkut “https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch?hl=en&siteUrl=http://GANTIDENGANSITUSANDA.com/”  Pada laman yang terbuka, Anda akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini
cara mengindex artikel di google dengan cepat
Tampilan Google Webmaster Tool
Setelah itu, masukkan URL artikel Anda pada tempat submit yang tersedia dan pilih user agent yang ingin Anda gunakan. Kami sarankan gunakan user agent Desktop untuk memudahkan indexing. Setelah itu, klik Fetch and Render. Fitur ini akan merayapi seluruh ini artikel Anda  baik yang berupa teks, gambar bahkan source HTML dari artikel tersebut. Setelah selesai, akan muncul  report seperti gambar berikut ini
Proses Fetching Artikel Oleh GoogleBot
Proses Fetching Artikel Oleh GoogleBot
Setelah proses tersebut selesai, klik button submit to index dan akan muncul pop up seperti gambar berikut

Proses indexing cepat artikel oleh Google Boot

Pilih salah satu metode crawling yang Anda inginkan. Kami sarankan pilih ‘Crawling only this URL”. Dan klik Go. Setelah itu, Anda akan diredirect pada laman googlebot. Bila tidak Ada kesalahan pada website atau URL yang Anda masukkan, maka artikel Anda akan berhasil terindex oleh Google. Untuk mengetahui status indexing artikel atau blog Anda, silahkan cek di google menggunakan dork ini

site:websiteanda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *