Mengenal Negative SEO:Apakah Anda Harus Khawatir?

Setelah tiga minggu mengikuti kontes SEO “Tebu Transgenik Universitas Jember” dan bertahan di page one SERP Google, akhirnya blog Saya mengalami kemunduran yang mencengangkan. Beberapa hari ini, terhitung tanggal 11 November 2014, halaman post maupun home dari blog ini hilang dari peredaran. Banyak faktor yang dijadikan kambing hitam, mulai dari over optimasi yang berujung pada google dance dan penguin, dan sekarang muncul kambing hitam baru: Negative SEO, Blackhat SEO atau Sabotage SEO dll. 

Negative SEO
Negative SEO

Definisi Negative SEO

Negative SEO dilakukan oleh seseorang yang dengan sengaja menurunkan ranking website kompetitor mereka dari mesin pencari. Banyak metode yang dilakukan untuk mencapai niat buruk tersebut. Namun, metode yang paling banyak digunakan adalah link-based negative SEO. Namun, selain cara tersebut banyak cara lain yang digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk merusak reputasi Anda dimata Google dan mesin pencari lain.

Apakah Negative SEO Benar-Benar Merusak Reputasi Situs Anda?

Secara teknis, metode jahat ini bekerja dengan membuat situs Anda mendapat penalty dari google. Bagaimana bisa? well, Penjelasannya adalah dengan membuat situs Anda melanggar salah satu peraturan google yakni “tidak boleh menggunakan backlink abal-abal, backlink spam dan backlink bayaran”. Pihak Google pernah menyatakan pada tahun 2003 lalu bahwa ‘tidak ada hal yang bisa membuat reputasi (google rank) Anda terancam’. Namun, hal tersebut, menurut Pihak Google dikesempatan berbeda, tidaklah tidak mungkin (isn’t impossible).

Bagaimakah Cara Kerja Negative SEO?

Berikut beberapa metode jahat yang mungkin digunakan kompetitor Anda untuk merusak reputasi situs yang dengan susah Anda bangun

  • Meretas website Anda (hacking)
  • Menciptakan ratusan hingga ribuan link spam menuju situs Anda
  • Mengcopy konten-konten Anda, lalu mempublish konten tersebut di berbagai tempat sehingga terjadi duplikat konten
  • Membangun banyak link dari situs-situs yang tidak berkualitas dengan menggunakan anchor text spam seperti Viagra, P0ker, dan kata kunci yang tidak family safe.
  • Menciptakan akun media sosial palsu dan merusak reputasi website Anda melalui akun tersebut
  • Menghapus links terbaik yang dimiliki  website Anda

Sumber: Maxmanroe.com

 

4 thoughts on “Mengenal Negative SEO:Apakah Anda Harus Khawatir?

  • November 24, 2014 at 10:03 pm
    Permalink

    artikel saya sudah banyak yang meng-kloning tanpa izin 🙁 gimana cara membuat mereka sadar ya? 🙁

    Reply
  • December 26, 2014 at 1:18 pm
    Permalink

    Bukannya si Google udah pinter bedain link mana yang dibuat dengan maksud menjatuhkan kompetitor dan link mana yang memang memanipulasi?

    Selain itu, menurut saya Google bisa tahu dengan mudah artikel mana yang asli dan mana yang dibuat secara duplikat sehingga tidak akan merusak artikel yang asli.

    Reply
    • December 26, 2014 at 11:20 pm
      Permalink

      😀 memang sudah pinter dan ada fitur disavow link
      tapi tetep aja menyebalkan :v

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *